Penerapan Strategi Orientasi Pasar Studi Kasus PT. Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO)
Fanni Ichwan Faizal, Dr. Iin Mayasari, M.M., M.Si.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenDalam menghadapi peluang dan persaingan, salah satu strategi yang dapat diterapkan JASINDO adalah strategi orientasi pasar. Penerapan strategi orientasi pasar JASINDO diukur dengan menggunakan prinsip dasar strategi orientasi pasar yakni information intelligence, information dissemination dan responsiveness dan komponen pendukungnya yakni struktur organisasi, desain proses, teknologi informasi, sistem penghargaan, kepemimpinan, budaya, dan manajemen kompetensi. Data didapat dari wawancara dengan karyawan JASINDO yang telah memiliki pengalaman bekerja lama dan masuk dalam struktur manajemen. Wawancara dilakukan dalam kondisi formal dan informal untuk mendapatkan informasi yang detail dan saling melengkapi. JASINDO dalam penerapan orientasi pasar telah mampu menerapkan prinsip dasar strategi orientasi pasar, namun dalam komponen pendukung terdapat beberapa komponen yang perlu ditingkatkan. Peningkatan komponen pendukung perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil strategi orientasi pasar. Komponen pendukung yang dianggap perlu dikembangkan antara lain teknologi informasi, sistem penghargaan, kepemimpinan, dan budaya.
Facing opportunities and competition, one strategy that can be applied by JASINDO is the market orientation strategy. JASINDO market orientation strategy measured using the basic principles of a market-oriented strategy consist intelligence information, information dissemination and responsiveness and its supporting components consist of organizational structure, process design, information technology, reward systems, leadership, culture, and competence management. Data obtained from interviews with employees who have long work experience with Jasindo and positioned in management structure. Interviews were conducted in formal and informal conditions to obtain detailed and complimentary information. JASINDO market orientation strategy application have been able to apply basic principles of a market-oriented strategy, but not for their supporting components. Several components must be improved. Supporting components to be developed include information technology, reward systems, leadership, and culture.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, orientasi pasar