Laporkan Masalah

Analisis Strategi Pemasaran ULaMM PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)

Bagus Taruna Sakti Wibisono, Dr. Ike Janita Dewi, MBA.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

ULaMM diluncurkan oleh PNM sebagai upaya untuk menghadapi persaingan dalam bisnis jasa pembiayaan mikro yang diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Agar dapat bersaing dalam lingkungan kompetisi yang semakin ketat, dibutuhkan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada, sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang lebih tepat. Analisis dilakukan terhadap lingkungan strategis eksternal perusahaan berupa analisis lingkungan makro dan mikro. Kemudian dilakukan identifikasi terhadap kapabilitas internal perusahaan, termasuk kapabilitas keuangan dan sumber daya manusia. Kegiatan pemasaran yang dianalisis dengan menggunakan metode 4P (Product, Pricing, Place and Promotion). Dari hasil analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal perusahaan, diperoleh pemahaman tentang kondisi nyata bisnis yang sebenarnya. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT, untuk mengidentifikasi posisi relatif perusahaan dibandingkan dengan pesaing terkuatnya dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan Matriks EFAS dan IFAS. Hasil dari matriks EFAS dan IFAS kemudian dianalisis secara kualitatif dengan Matriks SWOT dan Matriks Internal-Eksternal untuk mengidentifikasi strategi alternatif yang mungkin untuk dilakukan oleh PNM. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PNM sudah tepat, tetapi membutuhkan beberapa perbaikan terutama untuk memperkecil faktor kelemahan perusahaan. Dengan faktor-faktor kekuatan yang dimiliki, PNM seharusnya melakukan strategi SO (Strength-Opportunity) dan bertindak lebih agresif untuk memenangkan persaingan.

ULaMM launched by the PNM as an effort to face competition in the business services of microfinancing predicted will experience very rapid growth. In order to compete in an increasingly competitive environment, it takes a strict analysis of the strengths, weaknesses, opportunities and threats that exist, so it can be determined which marketing strategies are more appropriate. Analysis was performed on the company’s external strategic environment in the form of macro and micro environmental analysis. Then to identify the internal capabilities of the company, including financial capabilities and human resources. Marketing activities were analyzed using methods 4P (Product, Pricing, Place and Promotion). From the analysis of the external and internal environment of the company, acquired an understanding of the real conditions of the actual business. Then performed a SWOT analysis to identify the relative position of the company as compared to its strongest competitors performed quantitatively using Matrix EFAS and IFAS. The results of the matrix EFAS and IFAS then analyzed qualitatively with SWOT Matrix and Matrix Internal-External to identify alternative strategies that are likely to be done by the PNM. The analysis shows that the marketing strategy made by PNM is correct, but needs some improvements, especially to minimize the disadvantages of factors. With these factors the strength, PNM should be pursuing a strategy of SO (Strength- Opportunity) and act more aggressively to win the competition.

Kata Kunci : studi kasus tunggal; pembiayaan mikro; SWOT; EFAS; IFAS


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.