Laporkan Masalah

BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI DALAM PROSES PSIKOTERAPI KELOMPOK

Walida Asitasari, Prof. J.E. Prawitasari

2012 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Belajar berdasar regulasi diri (BBRD) adalah proses penetapan tujuan, pemilihan strategi belajar menghadapi permasalahan untuk pencapaian tujuan, evaluasi terhadap usaha, dan merupakan salah satu konsep belajar yang menjadi fokus penelitian ini. Psikoterapi kelompok merupakan salah satu media belajar untuk penyelesaian persoalan hubungan interpersonal. Tujuan penelitian adalah mengkaji dan memfasilitasi BBRD dalam proses psikoterapi kelompok. Penelitian eksperimental ini melibatkan 21 orang yang merasa mengalami persoalan hubungan interpersonal. Penelitian ini terdiri dari empat kelompok eksperimen yang menguji perbedaan BBRD dalam empat pendekatan psikoterapi kelompok yaitu Psikoterapi Kelompok Interaksional, Gestalt, Psikodinamika, Data-Focused. Analisis data menggunakan Friedman test, Kruskal-Wallis H-test, dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat superioritas pendekatan tertentu terhadap fasilitasi BBRD

Self-regulated learning (SRL) is the process of setting goals, choosing learning strategies to solve problems which support achievement of goals, evaluating the efforts made, and is one of the learning concepts used as the focus of research. Group psychotherapy is one of the learning media for interpersonal relationship problem solving. The purpose of this research is to test the SRL applied in Interactional, Gestalt, Psychodynamic, and Data-focused group psychotherapy process. This experimental research involved 21 people with perceived problems in interpersonal relationship. This research consisted of four experimental groups that tested the SRL in four approaches in group psychotherapy (Interactional, Gestalt, Psychodynamic, and Data-Focused Group Psychotherapies. Data analysis used in this research are Friedman test, Kruskal-Wallis H-test, and thematic analysis. The result of the research showed that there were no superiority in any particular approach in SRL facilitation.

Kata Kunci : belajar berdasar regulasi diri, psikoterapi kelompok


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.