Laporkan Masalah

Analisis Strategi Roll out Base Transceiver Station Menggunakan Logical Framework Analysis Studi Pada PT XL Axiata, Tbk

Dwi Joko Pramudito Widhi Asmoro, Drs. Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, PhD.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembangunan BTS PT XL Axiata, apakah sudah sesuai dengan lingkungannya, dan mengetahui faktorfaktor yang menyebabkan keterlambatan pembangunan BTS, serta membuat strategi pembangunan BTS di masa yang akan datang menggunakan LFA. Pelaksanaan penelitian ini adalah mengunakan metode penelitian kualitatif, data dianalisis dengan metode SWOT untuk melihat apakah strategi XL dalam pembangunan BTS tepat dan selanjutnya digunakan analisis LFA menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan XL dalam melakukan pembangunan BTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembangunan BTS XL yang agresif selaras dengan hasil analisis SWOT. Dari hasil perhitungan kekuatan dan kelemahan diperoleh hasil (4,4 – 3,4 ) = 1,0 yang artinya kekuatan yang dimiliki XL lebih besar dari kelemahannya. Sedangkan dari hasil perhitungan peluang dan ancaman diperoleh hasil (5 – 3,1) = 1,9 yang artinya peluang yang ada lebih besar daripada ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Berdasarkan analisis LFA diperoleh bahwa aktivitas yang disusun untuk percepatan pembangunan BTS adalah Perbaikan Business Process PO, perbaikan proses NBWO, perubahan material BTS, transmisi, rectifier ke tipe L (Stock), pembuatan EWO untuk penambahan kapasitas transmisi ekstising, dan perekrutan karyawan baru.

The purpose of this research is to identify if the roll out BTS strategy at PT XL Axiata, Tbk suitable with its environment, external and internal environment, and to identify factors that impede roll out BTS and also formulate strategy to accelerate roll out BTS at PT XL Axiata, Tbk. The research using SWOT analysis to justify XL strategy in roll out BTS with its environment and after that, using LFA to identify the factor that impede roll out BTS acceleration and create activities to accelerate roll out BTS in the future. Result of the research shows that aggressive strategy in roll out BTS align with SWOT analysis, the strength and weakness analysis result is (4,4 - 3.4) = 1.0, means that strength is more powerful than weakness, while the opportunity and threat analysis result is (5 – 3,1) = 1,9, which means that opportunity exist is more powerful than threat. Based on LFA analysis, it shows that XL must conduct five activities to accelerate its roll out BTS, they are PO business process improvement, NBWO process improvement, material for BTS, transmission and rectifier change to stock type, transmission EWO creation to increase transmission capacity, and hire new employees.

Kata Kunci : Strategi, Analisis SWOT, BTS, LFA, PT XL Axiata, Tbk


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.