PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN PADA IKLAN BERSERI TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN (Studi eksperimen pada produk kosmetika Ponds)
ANA BELLA PARINA, Dr. Ir. Suci Paramitasari Syahlani, M.M.,
2012 | Tesis | S2 Mag.Manaj.FarmasiPenelitian pemasaran adalah bagian penting dari sistem pemasaran secara eseluruhan yang membantu dalam pengambilan keputusan manajemen, dengan enyediakan informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu. Salah satu bidang emasaran yang banyak diteliti adalah mengenai komunikasi pemasaran dan erilaku konsumen. komunikasi pemasaran ini dapat dilakukan oleh produsen elalui banyak cara, yaitu: iklan, promosi penjualan, pengalaman, hubungan asyarakat dan pemberitahuan, pemasaran langsung, dan penjualan secara ribadi. Diantara berbagai promosi tersebut, iklan televisi dengan menggunakan media audio visual merupakan salah satu alat bauran promosi yang paling efektif diguna n adanya pengar dingkan dengan pengaruh persepsi konsum k m p p m m p kan sebagai alat pengantar pesan untuk membentuk persepsi dan sikap konsumen dalam membentuk niat beli konsumen bahkan sampai ke aksi pembelian. Untuk dapat menarik minat konsumen dalam menyaksikan iklan yang ditayangkan, perusahaan harus kreatif dalam beriklan. Salah satunya adalah dengan menggunakan iklan dalam bentuk drama berseri seperti yang dilakukan pada iklan produk kosmetika Ponds. Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran pengaruh persepsi konsumen pada sikap dan niat beli konsumen terhadap iklan berseri pada produk kosmetika Ponds. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah persepsi konsumen terhadap iklan berseri produk kosmetika Ponds berpengaruh signifikan pada sikap dan niat beli konsumen, dan juga untuk membandingkan antara persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri dan persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan tidak berseri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan partisipan yang dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok partisipan yang mendapatkan treatment iklan berseri dan juga kelompok partisipan yang mendapatkan treatment dengan iklan tidak berseri. Instrumen penelitian yang digunakan berupa sampel video iklan kosmetika Ponds dan kuesioner penelitian. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang pada masing-masing kelompok iklan beseri dan iklan tidak berseri. Data yang diperoleh dianalisa dengan regresi sederhana dan uji beda dengan bantuaan SPSS 17 for windows. Hasil dari penelitian ini dengan analisis regresi menyataka uh signifikan persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri dengan t hitung 8,205, pengaruh persepsi konsumen pada iklan berseri terhadap niat beli konsumen dengan t hitung 8,797 dan pengaruh sikap konsumen pada iklan berseri terhadap niat beli konsumen dengan t hitung 6,274 . Setelah dilakukan perbandingan pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri dengan pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan tidak berseri menggunakan uji t-test didapatkan hasil bahwa pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri lebih tinggi diban en pada sikap terhadap iklan tidak berseri.
Marketing research is important to assist the whole marketing system in managerial decision making through relevant, accurate, and on-time information. One of the marketing aspects most frequently investigated concerns with marketing communication and consumer behavior. Marketing communication is conducted by producers through numerous methods, including advertisements, sales promotions, experiences, public relation and notification, direct selling, and ual media has been considered as one of the most effective promotion mix instruments used in deliverin create consumer perception and attitude ement with e effects of consumer ercept personal selling. Among the promotion efforts, television advertisement using audio vis g messages to for consumers purchase intention and even purchasing decision. To attract consumer interest to watch advertisement presented, a company should make creative advertisement. One of them is conducted through the use of serial-dramabased advertisement as implemented in the Ponds’ cosmetics product advertisement. This research aimed to identify whether consumer perception on the serial advertisements of Ponds’ cosmetic products provided significant influences on consumer attitude and purchase intention, and to compare consumer perception on the consumer attitude towards serial advertising and consumer perception on the consumer attitude toward non serial advertising. In this research, the effects of consumer perception on the consumer attitude and consumer purchase intention towards Ponds’ cosmetics products were measured. This was an experimental research with participants divided into 2 groups, namely, participant group treated with serial advertisement, and participant group treated with non serial-advertisement. Research instruments exploited involved advertisement video samples of Ponds’ cosmetics and research questionnaires. Total samples were 60 persons in each group of serial advertisement and non serial-advertisement. Data obtained were analyzed using simple regression and significance test through the use of SPSS 17 for Windows. Based on the regression analysis, it was showed that the significant effects of consumer perception on the consumer attitude toward serial advertis t-test 8,205, the significant effects of consumer perception on serial advertisement towards consumer purchasing intention with t-test 8,797, and the significant effects of consumer attitude on the serial advertisement toward consumer purchasing intention wiht t-test 6,274. After comparison between the effects of consumer perception on consumer attitude towards serial advertisement, and the effects of the effects of consumer perception on the consumer attitude on nonserial advertisement using t-test it was indicated that th p ion on the consumer attitude toward serial advertisement was higher than the consumer perception towards the consumer attitude on non-serial advertisement.
Kata Kunci : Iklan, iklan berseri, persepsi konsumen, sikap konsumen, niat beli konsumen, uji t-test.