ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TERHADAP NILAI TANAH TAHUN 2008 - 2010 (STUDI PADA KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH)
YUDIZA IRVAN SETIAWAN, S.STP, Dr. Tri Widodo, M.Ec.Dev.
2011 | Tesis | S2 Magister Ek.PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keberadaan Jalan T. Panglima Nyak Makam yang memiliki tipe arteri sekunder terhadap nilai tanah. Analisis yang dilakukan adalah menguji apakah ada perbedaan nilai tanah sebelum dan sesudah adanya jalan tersebut dan juga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tanah di wilayah Kecamatan Ulee Kareng. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data kerat silang (cross section) selama kurun waktu tahun 2008 sampai tahun 2010 dengan teknik pengambilan data sampel bertujuan (purposive sampling). Data tersebut berada di kawasan Desa Ceurih, Desa Ie Masen Ulee Kareng, Desa Doy, Desa Lamglumpang, Desa Lamteh, Desa Ilie, Desa Pangoe Deah, Desa Pangoe Raya dan Desa Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan regresi linier berganda melalui metode OLS (Ordinary Least Square). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tidak bebas nilai tanah, variabel bebas luas tanah, lebar jalan, jarak bidang tanah ke Jalan T. Iskandar, jarak bidang tanah ke Jalan T. Panglima Nyak Makam, jarak bidang tanah ke CBD, dan variabel dummy waktu transaksi sebelum dan setelah adanya Jalan T. Panglima Nyak Makam. Hasil analisis menunjukkan bahwa luas tanah, lebar jalan, dan jarak bidang tanah ke Jalan T. Panglima Nyak Makam berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai tanah per meter persegi, Jarak bidang tanah ke Jalan T. Iskandar berpengaruh positif dan tidak signifikan, dan jarak bidang tanah ke CBD berpengaruh negatif juga tidak signifikan, dummy waktu transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai tanah permeter persegi di Kecamatan Ulee Kareng.
The study aims to analyze the impact of the existence of roads T. Panglima Nyak Makam that has the type of secondary arteries to the land value. The analysis done was to test if there are differences in land value before and after the road and also analyzes the factors was affecting land values in areas close to the road. The data analyzed in this study is cross section data during the period of 2008 until the year 2010 with data sampling technique was purposive sampling. The data is located in the Ceurih Village, Ie Masen Ulee Kareng Village, Doy Village, Lamglumpang Village, Lamteh Village, Ilie Village, Pangoe Deah Village, Lambhuk Village and Pangoe Raya Village in Ulee Kareng district the City of Banda Aceh, Aceh Province. The approach in this study using multiple linear regression through the method of OLS (Ordinary Least Square). Variables used in this study is the dependent variable value of the land, the independent variable land area, road width, a distance of land to the road T. Iskandar, the distance of land to the road T. Panglima Nyak Makam, the distance of land to the CBD area, and dummy variables of time transaction before and after there was the road T. Panglima Nyak Makam. The analysis showed that the area of land, width of the road, the distance parcels of land to road T. Panglima Nyak Makam has negatively and significant impact on land values per square meter, the distance parcels of land to the Road T. Iskandar has positively but insignificant, the distance parcels of land to the CBD area were no significant effect, the transaction time dummy has positive and significant impact on land values square permeter in the district Ulee Kareng.
Kata Kunci : perbedaan nilai, jarak ke jalan arteri, nilai tanah