EVALUASI MEDIA POSTER HIPERTENSI PADA PENGUNJUNG PUSKESMAS TALAGA KABUPATEN MAJALENGKA
ICCA STELLA AMALIA, dr. Kristiani, SU
2011 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang: Hasil studi pendahuluan menunjukkan angka morbiditas hipertensi di Puskesmas Talaga masuk 10 besar penyakit dengan prevalensi sebesar 6,07% pada tahun 2009. Meski demikian, upaya promkes atas masalah tersebut belum dilakukan. Salah satu media yang dapat digunakan untuk promosi kesehatan adalah poster. Media poster yang spesifik dan sesuai dengan permasalahan hipertensi belum ada. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu dirancang media poster yang sesuai, dalam hal ini tentang hipertensi, dan kemudian dilakukan evaluasi. Tujuan: Mengkaji ketertarikan dan pemahaman pengunjung Puskesmas Talaga terhadap media poster hipertensi dalam aspek disain, isi pesan dan tempat pemasangannya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif menggunakan rancangan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengunjung Puskesmas Talaga. Informan lain adalah petugas promosi kesehatan puskesmas, Kepala Puskesmas dan Kepala Bidang Promosi Kesehatan Kabupaten Majalengka. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen, diskusi kelompok terarah (DKT), wawancara mendalam dan observasi. Hasil: Ketertarikan pengunjung pada poster hipertensi karena penggunaan warna yang cerah, dengan kombinasi warna hijau, kuning dan merah, ukuran huruf dapat dibaca dengan bentuk sederhana, gambar yang jelas dan sesuai dengan keseharian, layout sederhana, penyampaiaan yang sederhana, dan tempat pemasangan yang strategis dan cukup memadai. Pemahaman pengunjung terlihat dari cara mereka mengetahui maksud dan manfaat pesan. Pengunjung mudah memahami pesan karena ada gambar, kata dan kalimat sederhana dan tidak terlalu panjang, penggunan bahasa sehari-hari, penggunaan warna dan posisi pemasangan yang mudah untuk dibaca. Tempat pemasangan diharapkan diperbanyak di ruang tunggu, ruang perawatan dan di tiap desa. Kesimpulan: Secara keseluruhan, sebagian besar pengunjung tertarik dan memahami poster hipertensi. Poster hipertensi versi bahasa Sunda lebih dapat diterima sebagai media promosi kesehatan oleh pengunjung Puskesmas Talaga yang mempunyai minat pada disain dan isi pesan dalam poster hipertensi.
Background: The result of preliminary study shows that morbidity rate of hypertension at Talaga Health Center belongs to ten major diseases at the prevalence of 6.07% in 2009. Yet, efforts of health promotion to counter the problem have never been made. One of the media that can be used to promote health is poster. Poster media that is specific and relevant with the problem of hypertension has not been released. Therefore it is necessary to design poster media related to hypertension and evaluate it. Objective: To study interest and understanding of patients of Talaga Health Center in hypertension poster media in aspect of design, message and place of posting. Method: The study was descriptive with qualitative method and phenomenological design. Subject of the study were patients of Talaga Health Center. Informant included the staff of health promotion, the head of health center, and the head of health promotion section District of Majalengka. Data were obtained through document study, focus group discussion, in depth interview and observation. Result: Poster was accepted as media of health promotion by patients of health center. The interest of the patients in hypertension poster was due to use of bright color, with combination of green, yellow and red colours, readable font size with a simple font, pictures relevant with daily issues, simple layout, simple message, and appropriate place for posting. Understanding of the patient was reflected from how they understood the objective and benefit of the message. Patients could easily catch the message through pictures, simple words and sentences, use of daily expression, bright color and strategic posting. Place of posting could be at the waiting room, nursing room and village information board. Conclusion: Overall patients were interested in and could understand hypertension poster. Hypertension poster Sundanese version accepted as a medium for health promotion by health visitors center of Talaga, who have interests in design and content of the message in the hypertension poster.
Kata Kunci : evaluasi, poster hipertensi, pengunjung puskesmas