ANALISIS DAN PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SIKLUS PENJUALAN PADA PT KHARISMA MATARAM JAYA GEMILANG
Juli Menny Rosalina Simarmata, Taufikur Rahman, S.E., MBA.
2011 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi TerapanSistem Pengendalian Internal (SPI) yang berfungsi dengan baik akan memudahkan manajemen melakukan pengawasan serta pengorganisasian terhadap seluruh kegiatan perusahaan. Pengendalian internal adalah suatu proses yang dilakukan oleh dewan direksi, manajemen dan personel lainnya dalam suatu entitas, yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai sehubungan dengan pencapaian tujuan dalam kategori berikut: (a) Efektivitas dan efisiensi operasi, (b) Reliabilitas laporan keuangan, (c) Ketaatan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Berdasarkan COSO, pengendalian internal terdiri dari lima komponen utama yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siklus penjualan PT Kharisma Mataram Jaya Gemilang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi proses dan dokumen serta wawancara mendalam menggunakan kuesioner pengendalian internal COSO untuk memperoleh temuan investigasi kasus dan menganalisis temuan tersebut untuk menilai sistem pengendalian internal yang dimilliki oleh perusahaan serta merancang prosedur penjualan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen lingkungan pengendalian, penilaian risiko, informasi dan komunikasi, serta pengawasan yang diterapkan sudah dalam kategori layak, sedangkan untuk komponen aktivitas pengendalian berada pada kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komponen lingkungan pengendalian untuk faktor kunci struktur organisasi berada pada kategori kurang layak serta pendelegasian wewenang dan tanggung jawab berada pada kategori tidak layak. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini berupa rancangan prosedur penjualan perusahaan.
A well designed and applied internal control structure supports management in monitoring and organizing entity’s activities. Internal control is a process, effected by an entity’s board of directors, management and other personnel, designed to provide reasonable assurance regarding the achievement of objectives in the following categories: (a) Effectiveness and efficiency of operations, (b) Reliability of financial reporting, (c) Compliance of applicable laws and regulations. Five components of COSO Framework of Internal Control are control environment, risk assessment, control activities, information and communication, and monitoring. This research is a qualitative research with case study approach in sales cycle of PT Kharisma Mataram Jaya Gemilang. Data collection using the method of observation and document and in-depth interviews using a questionnaire with COSO Framework of Internal Control to obtain the findings of case investigations and analyze findings to designing the company’s sales procedures. The result showed that the components of the control environment, risk assessment, information and communication, and monitoring applied already in the proper category, while for the component of the control activity is very adequate. The result also show that in the control environment component for key factors in the organizational structure is in a category is less feasible as well as delegation of authority and responsibility in the category are not feasible. Recommendation given in this research is to design the company’s sales procedures.
Kata Kunci : Sistem pengendalian internal, siklus penjualan, kerangka gabungan COSO, prosedur penjualan tunai dan kredit.