Pengaruh Jalur Rel Kereta Api pada Nilai Tanah di Sekitarnya (Studi Kasus pada Jalur Rel Kereta Api di Kota Surakarta)
Joko Susanto, Prof. Dr. Iswardono S. Permono, M.A.
2011 | Tesis | S2 Magister Ek.PembangunanKeberadaan jalur rel kereta api memberikan dampak tersendiri bagi masyarakat di sekitarnya, tidak terkecuali memberikan pengaruh juga terhadap nilai tanah. Masyarakat sebagai pihak ketiga yang memiliki tanah di sekitar rel kereta api mendapatkan eksternalitas negatif dari keberadaan jalur rel kereta api. Peneliti memiliki dugaan bahwa semakin dekat suatu aset tanah di wilayah Kota Surakarta dari rel kereta api maka nilainya akan semakin turun. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh jalur rel kereta api pada nilai tanah di sekitarnya di wilayah Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan data kerat lintang sebanyak 84 transaksi tanah kosong tahun 2010 -2011. Selain itu penelitian ini juga bertujuan menganalisis pengaruh luas tanah, jarak tanah dari CBD, jarak tanah dari stasiun kereta api terdekat, dummy bentuk tanah persegi empat beraturan, dan dummy wilayah komersial perdagangan. Alat analisis berupa analisis regresi berganda dengan model double log (log-log) untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jarak tanah dari rel kereta api dan dummy wilayah komersial perdagangan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai tanah. Variabel luas tanah berpengaruh positif terhadap nilai tanah tetapi tidak signifikan. Variabel jarak tanah dari CBD, dan variabel jarak tanah dari stasiun kereta api terdekat memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai tanah di Kota Surakarta. Sementara itu dummy bentuk tanah persegi empat beraturan meberikan pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap nilai tanah. Jadi hipotesis peneliti bahwa dugaan peneliti bahwa keberadaan rel kereta api memberikan eksternalitas negatif sehingga menurunkan nilai tanah di sekitarnya terbukti. Semakin dekat lokasi tanah di Kota Surakarta dengan jalur rel kereta api maka nilainya akan semakin turun.
The presence of railroad lines provide a separate impacts for the surrounding community, not least to give effect also to land value. Society as a third party who owns the land around the railroad get negative externalities from the existence of a railroad train. Researchers have suspected that the closer a property land in the city of Surakarta from the railroad, the value will increasingly come down. This study aims to analyze the influence of railroad track on the surrounding land value in the area of the city of Surakarta. This study uses cross section data, 84 vacant land transactions in 2010 -2011. In addition, this study also aims to analyze the influence of land area, the land distance from the CBD , the land distance from the nearest railway station, dummy land rectangular shape irregular, and dummy commercial/tradding area. Analysis tool in the form of multiple regression analysis with double-log model (log-log) to achieve the purposes of research. The results showed that the variable land distance from the railway and dummy of commercial/tradding areas give positive and significant influence on land value. Variable land area has positive influence on land values but not significant. Variable land distance from the CBD, and variable land distance from the nearest railway station gives a negative and significant impact on the value of land in the city of Surakarta. Meanwhile dummy land rectangular shape irregular puts a negative but insignificant effect on the value of the land. So, researchers hypothesized that investigators suspected that the presence of the railroad gave negative externalities so that the lower value of land around it proved. The closer the location of the land in Surakarta with railway lines, the value will increasingly come down.
Kata Kunci : Eksternalitas negatif, jalur rel kereta api, nilai tanah