Laporkan Masalah

Analisis Strategi PT. Exelcomindo Pratama Pada Pasar Korporasi Industri Telekomunikasi Indonesia

MUHAMMAD PANJI NEGARA, Dr. Bambang Riyanto, LS, AKT, MBA

2011 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Saat ini dengan Kondisi kompetisi di industri telekomunikasi semakin tajam, pasar korporasi menjadi pasar ceruk yang menjanjikan. Layanan solusi korporasi (business solution) oleh XL hadir untuk dapat memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasi pada pasar korporasi industri telekomunikasi Indonesia. Penelitian ini yang berjudul Analisis Strategi PT Excelcomindo Pratama Pada Pasar Korporasi Industri Telekomunikasi Indonesia bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi apakah strategi yang diterapkan XL mampu bersaing pada pasar korporasi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan melalui studi pada PT Excelcomindo Pratama. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis data secara kualitatif yaitu dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan eksternal yang meliputi analisis karakteristik industri, lingkungan persaingan, driving forces dan key success factors serta analisis lingkungan internal. Dari analisis tersebut dapat di identifikasi faktor-faktor yang akan di analisis dengan menggunakan SWOT untuk mengetahui peluang yang dapat dicapai, ancaman yang dihadapi, memperkuat kekuatan internal perusahaan dan melindungi serta memperbaiki kelemahan untuk bersaing pada pasar korporasi. Dari hasil penelitian menunjukkan terlihat bahwa aspek peluang dan kekuatan kuat dibandingkan dengan aspek ancaman dan kelemahan XL. Tetapi XL tetap harus membenahi beberapa kelemahan pada lingkungan internal serta memperkuat pertahanan terhadap ancaman yang terjadi kedepannya. Strategi saat ini masih menitikberatkan untuk mendukung pasar ritel sehingga perlu diformulasikan sebuah strategi alternatif sebagai masukkan kepada XL untuk bersaing pada pasar korporasi industri telekomunikasi Indonesia.

Currently competition condition on telecommunication industry become narrow, corporate market become a promising niche market to enter. Corporate solution service (business solution) XL emerge to fullfil the needs of telecommunication service for corporate market in Indonesia telecommunication industry. This research title is PT Excelcomindo Pratama Strategy Analysis on Corporate market in Indonesia Telecommunication Industry objective to find out and evaluate if the strategy XL used comply to compete in corporate market. Data gathering for this research by study at PT Excelcomindo Pratama. The analysis method is using qualitative method by considering external environment factors such as industry charateristic, competitive environment, driving forces, key success factor and internal environment analysis. From those analysis can be identify that will be used in SWOT analysis for knowing XL to reach opportunities, notice the threats facing on front, strengthen internal company strengths, fixing internal company weakness to compete in corporate market. From the research result shows that opportunity and strength aspects much stronger compare threat and weakness aspects. Though XL still must fix several weakness internally and guarding by strengthen from external threats from time being. Current strategy direction still considered focus to retail market so need to formulize an alternative strategy offered to XL for compete in corporate market in Indonesia telecommunication industry.

Kata Kunci : Pasar Korporasi, Analisis Lingkungan, Analisis SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.