ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN STRATEGIS DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI DI PT. GARUDA INDONESIA
Muhammad Arif Baihaqi, Dr. Wakhid Slamet Ciptono, MPM., MBA.
2011 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan - Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengidentifikasi konten kepemimpinan yang dapat menstimulasi kapabilitas inovasi di PT. Garuda Indonesia; 2. untuk menganalisis keefektifan peran kepemimpinan stratejik terhadap pengembangan inovasi di PT. Garuda Indonesia. Metode Penelitian - Analisis data menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan teknik pengambilan data kombinasi antara angket kapabilitas inovasi; angket konten kepemimpinan; Focus Group Discussion (FGD); in-Depth Interview. Jumlah subjek pengisi angket adalah 60 orang untuk angket kapabilitas inovasi dan 53 orang untuk angket konten kepemimpinan. Angket menggunakan uji validitas Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan penilaian kategorisasi skala likert. Hasil - Kapabilitas inovasi di PT. Garuda Indonesia terproyeksi baik dari sudut pandang persepsi karyawannya. Dari 13 konten kepemimpinan yang di identifikasi, terdapat dua konten yang terproyeksi buruk dari sudut pandang persepsi karyawan, yaitu kemampuan pemberian bonus dan penyediaan dan dukungan berupa waktu dan dana untuk inovasi. Masalah yang muncul dari proses stimulasi inovasi di PT. Garuda Indonesia adalah miskomunikasi instruksi atau arahan dan kurangnya penghargaan secara material maupun sosial untuk ide inovatif. Saran Praktis - Peningkatan penghargaan secara material maupun sosial terhadap ekspresi ide inovatif di tubuh perusahaan. Pemimpin hendaknya lebih memperhatikan masukan dari bawahan mengenai inovasi. Pemimpin diharapkan lebih visioner dan inspiratif dalam melakukan arahan terhadap bawahan. Dapat dilakukan pelatihan sumberdaya manusia untuk peningkatan di bidang ini.
Purpose - This study aims to: 1. Identify the content of leadership that can stimulate innovation capabilities in the PT.Garuda Indonesia; 2. Analyze the effectiveness of strategic leadership role against the development of innovation in the PT.Garuda Indonesia. Research Methods - Datas were analyzed using descriptive analysis method with qualitative-quantitative data collection techniques combination of innovation capability questionnaire: questionnaire content leadership; Focus Group Discussion (FGD); in-Depth Interview. Subject of questionnaires were 60 people for innovation capability and 53 people for leadership content questionnaire. Questionnaires analyzed using Confirmatory Factor Analysis validity test (CFA) and Likert rating scale categorization. Results - Capability of innovation in the PT. Garuda Indonesia is projected either from the standpoint of the perception of employees. Identification in 13 content leadership, there are two bad content projected from the viewpoint of the employees' perception, these are the ability of giving bonuses properly and the provision and support in the form of time and funds for innovation. Problems that arise from the stimulation of innovation in the PT. Garuda Indonesia are the miscommunication of instructions or directives and the lack of material and social rewards for innovative ideas. Practical Implication - Increase reward as materially and socially on the expression of innovative ideas in the organization. Leaders should pay more attention about subordinates opinions and feedback about innovation. Leaders expected to be more visionary and inspirational in making referrals to the subordinate. Can be done to improve the training of human resources in this field.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kapabilitas Inovasi, Stratejik.