Analisa Strategi Bersaing Pada PT. Millenium pharmacon International, Tbk
Maulana Rachman, Gudono, Dr., M.B.A.
2011 | Tesis | S2 Magister ManajemenPT Millenium Pharmacon International Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi produk farmasi, suplemen makanan dan diagnostik (alat-alat kesehatan), dengan cakupan distribusi di seluruh Indonesia (nation wide). Prinsipal yang mempercayakan produknya didistribusikan terdiri dari prinsipal nasional maupun prinsipal multi nasional, untuk distribusikan. Permasalahan strategis yang sedang dihadapi oleh PT Millenium Pharmacon International Tbk adalah makin bertambahnya jumlah pesaing yang bergerak dalam bidang sejenis, kegiatan promosi kurang maksimal, isu kenaikan BBM, peraturan pemerintah, kurangnya loyalitas mitra kerja dan lain-lain. Dengan adanya permasalahan strategis tersebut, maka PT Millenium Pharmacon International Tbk memerlukan suatu strategi untuk tetap dapat bersaing dengan perusahaan sejenis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu pembahasan yang dilakukan tanpa uji hipotesis, tetapi hanya melakukan menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk angka dan kalimat. Dengan melakukan wawancara terhadap karyawan PT. MPI selanjutnya dianalisa menggunakan SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil analisa matrik Internal-Eksternal diketahui bahwa strategi yang baik digunakan oleh PT. Millenium Pharmacon International, Tbk adalah strategi pertumbuhan/stabilitas atau disebut juga dengan strategi Hold and Maintain, di mana alternatif strategi yang dapat diambil adalah strategi intensif, yang terdiri dari penetrasi pasar (market penetration), pengembangan pasar (market development), dan pengembangan produk (product development). Berdasarkan hasil analisa QSPM diketahui juga bahwa alternatif strategi yang perlu dilaksanakan PT. Millenium Pharmacon International, Tbk di masa akan datang untuk bersaing adalah strategi SO, disusul strategi WO, kemudian strategi WT dan alternatif strategi yang terakhir adalah strategi ST.
PT Millennium Pharmacon International Tbk is a company engaged in the distribution of pharmaceutical products, food supplements and diagnostics (medical equipment), with distribution coverage throughout Indonesia (nation wide). Principals who entrust their products distributed consists of the principal multi-national and national principals, to distribute. Strategic issues being faced by PT Millennium Pharmacon International Tbk is increasingly growing number of competitors engaged in similar, less than the maximum promotional activities, the issue of fuel price increases, government regulations, lack of loyalty partners and others. With the strategic issues, PT Millennium Pharmacon International Tbk need a strategy to remain competitive with its peers. The research method used in this research is descriptive research, namely the discussion that is done without testing the hypothesis, but only describe the results of research in the form of numbers and sentences. By conducting interviews of employees of PT. MPI then analyzed using the SWOT and QSPM. Based on the results of matrix analysis of the Internal-External is known that the best strategy used by PT. Millennium Pharmacon International, Tbk is a strategy of growth/stability or collectively, and Maintain Hold strategy, in which alternative strategies that can be taken is the intensive strategy, which consists of market penetration, market development, and product development. Based on the analysis QSPM also known that alternative strategies should be implemented PT. Millennium Pharmacon International, Tbk in the future to compete is SO strategy, the strategy followed by WO, and WT strategies and alternative strategies that last one is the ST strategy.
Kata Kunci : Distribusi, Produk farmasi, Strategi, SWOT, QSPM, PT MPI.