Analisis Keunggulan Kompetitif PT. Galenium Pharmasia Laboratories
Cis Antono, Dr. Fahmy Radhi, MBA
2011 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis relevansi dari strategi bersaing yang diterapkan oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkesinambungan saat menghadapi persaingan industri yang sangat ketat. Sektor industri yang dievaluasi adalah PT Galenium Pharmasia Laboratories, sebuah perusahaan yang bergerak di industri obat-obatan dan consumer goods. Pada penelitian ini digunakan metode analisis kualitatif. Untuk mengevaluasi keunggulan kompetitif, pertama dilakukan analisis strategi kompetitif generik yang telah dilakukan perusahaan, kemudian analisis industri untuk melihat faktor-faktor eksternal apa sajakah yang mempengaruhi perusahaan secara umum. Lalu analisis SWOT dengan melihat faktor-faktor kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Setelah diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perusahaan maka dapat disusun suatu strategi untuk membangun keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Strategi bisnis yang dilakukan perusahaan adalah strategi best-cost dan diferensiasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bersaing yang sudah diterapkan PT Galenium Pharmasia Laboratories perlu disempurnakan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri farmasi dan consumer goods.
The purpose of this research is to evaluate and analyze the relevance of competitive strategy applied by the company to achieve sustainable competitive advantage in facing industrial competition. The industrial sector evaluated is PT Galenium Pharmasia Laboratories, a company that manufacture drugs and consumer goods. This research use qualitative analytical method. To evaluate competitive advantage, first is generic competitive strategy analysis, then industrial analysis to examine which external factors that influence the company generally. Then, SWOT analysis is done to examine strength, weakness opportunities and threats that the company is dealing. After each factor that influence the company is identified, then a strategy to achieve sustainable competitive advantage can be formulated. The company business strategy is best-cost and differentiation. From the research, can be concluded that Galenium Pharmasia Laboratories competitive strategy needs to be improved to face the pharmaceutical industry and consumer goods competition
Kata Kunci : Analisis SWOT, analisis industri, keunggulan kompetitif berkesinambungan