PEMANFAATAN LIMBAH AMPAS TEBU (BAGASSE) DAN LIMBAH SERBUK ALUMINIUM SISA DAUR ULANG PLASTIK SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN KAMPAS REM UNTUK KENDARAAN BERMOTOR
Titus Sena Arief, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng.
2011 | Tesis | S2 Mag.Sistem TeknikSaat ini, pertumbuhan kendaraan bermotor sangatlah pesat. Indonesia menjadi salah satu pasar yang berpengaruh di dunia karena tingkat penyerapan kendaraan bermotornya yang termasuk tertinggi di Asia. Pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor ini memberikan dampak positif yang sangat besar bagi industri-industri pendukung otomotif. Kampas rem adalah produk pendukung kendaraan bermotor yang sangat penting. Penggunaan bahas asbes telah dilarang karena bahan friksi asbes memiliki kelemahan yaitu dapat menyebabkan resiko penyakit kanker bagi para pekerja dan pemakai. Oleh karena itu, ampas tebu dapat dijadikan sebagai alternatif serat penguat bahan friksi. Penggunaan serbuk aluminium ditujukan untuk meningkatkan koefisien gesek kampas rem pada suhu tinggi. Penelitian ini menggunakan serbuk aluminium sisa daur ulang plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat beberapa campuran komposisi kampas rem antara ampas tebu, phenolic resin, barit, serbuk aluminium, dan arang. Dengan komposisi resin sebesar 10, 20, dan 30%, komposisi barit 30, 35, dan 40%, dan komposisi ampas tebu antara 15 sampai dengan 45%. Kadar arang dan serbuk aluminium dibuat tetap sebagai variabel control. Kampas rem kemudian dicetak dengan penekanan panas dan kemudian di panaskan dengan oven sebagai proses sintering. Kemudian dilakukan pengujian kekerasan, keausan, topografi permukaan, pengembangan ketebalan, dan uji koefisien gesek untuk mengetahui karakteristik dari kampas rem yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar ampas tebu, kadar resin, dan kadar barit mempengaruhi karakteristik dari kampas rem yang dihasilkan. Semakin tinggi kadar ampas tebu akan mengurangi kekerasan, meningkatkan keausan, pengembangan ketebalan, dan koefisien gesek kampas rem. Semakin tinggi kadar resin dan barit akan meningkatkan kekerasan, mengurangi keausan, pengembangan ketebalan, dan koefisien gesek kampas rem. Berdasarkan perhitungan ekonomi, dapat disimpulkan bahwa pembuatan industri kampas rem berbahan dasar ampas tebu ini sangat layak untuk dilakukan.
Now, there are very rapid growths in motor vehicles. Indonesia became one of the influential markets in the world because of the level of absorption motor vehicle is the highest in Asia. Growth in sales of motor vehicles provides a huge positive impact for the automotive supporting industries. Brake pad is the product of motor vehicle that the support is very important. Discuss the use of asbestos has been banned because of asbestos friction material has a weakness that can lead to cancer risks for workers and users. Therefore, bagasse can be used as an alternative reinforcing fiber friction material. The use of aluminum powder is intended to increase brake friction coefficient at high temperatures. This study uses aluminum powder remaining from recycled plastic industry. The method used in this research is to create some mixed composition brake between bagasse, phenol resins, barites, aluminum powder, and charcoal. This research uses the resin composition at 10, 20, and 30%, the composition of barite 30, 35, and 40%, and the composition of bagasse from 15 to 45%. Levels of charcoal and aluminum powder were made permanent as a control variable. Brake pads then molded with hot pressing and then heating with the oven as the process of sintering. This Research is using the hardness testing, wear testing, surface topography, thickness swelling test, and the coefficient of friction test to determine the characteristics of the resulting brake. The results showed that levels of bagasse, resin content, and content of barite affect the characteristics of the resulting brake. The higher levels of bagasse would reduce the hardness; increase the wear, the swelling of thickness, and coefficient of friction brake. The higher levels of resin and barite would increase the hardness; reduce wear, the swelling of thickness, and coefficient of friction brake. Based on economic calculation, it can be concluded that the industrial manufacture of brake-based bagasse is very feasible to be done.
Kata Kunci : kampas rem, ampas tebu, phenolic resin, aluminium, uji gesek