Laporkan Masalah

TIPOLOGI PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR

Hildawati Almah, Prof. Dr. Achmad Djunaedi, MUP.

2011 | Tesis | S2 Manajemen Informasi dan Perpustakaan

Keberadaan perpustakaan di suatu lembaga atau organisasi adalah untuk mendukung lembaga atau organisasi dalam mencapai tujuannya. Dalam usaha akademis, perpustakaan perguruan tinggi secara khusus berfungsi untuk membantu para civitas akademika dalam proses pembelajaran. Perpustakaan perguruan tinggi pada umumnya menganut dua sistim dalam pengembangan perpustakaan, yaitu sistem sentralisasi dan sistem desentralisasi, ke dua sistem ini masing-masing mempunyai suatu kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini, Penerapan di perpustakaan UIN Alauddin Makassar adalah sistem desentralisasi. Metode penelitian dalam studi ini adalah menggunakan metode studi kasus (case study) dengan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang terdapat di perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Penulis memfokuskan pembahasan dengan mengkatagorikan korelasi antara perpustakaan pusat dan fakultas, menjadi tiga hal yaitu: (1) layanan. Sistem pelayanan yang ada di perpustakaan UIN Alauddin adalah sistsem terbuka (open access), layanan penelusuran informasi di perpustakaan pusat ada dua yaitu manual, dan on line, akan tetapi di perpustakaan fakultas system penelusuran informasi masi manual. (2) koleksi. Koleksi yang ada di perpustakaan UIN Alauddin belum memadai, masih perlu penambahan koleksi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai, baik di perpustakaan pusat, dan fakultas, (3) SDM. SDM yang ada di perpustakaan UIN Alauddin belum memadai, apalagi SDM yang professional dan SDM di bidang IT (Teknologi Informasi) di perpustakaan pusat dan fakultas, baik kualitas maupun kuantitas. Dalam hasil analisis penelitian ini, sesusi dengan klasifikasi di atas, penulis membagi tiga macam tipe perpustakaan di UIN Alauddin Makassar adalah tipe A yaitu perpustakaan dengan layanan dan koleksi yang bagus, tipe B yaitu perpustakaan dengan layanan bagus tetapi koleksi tidak bagus, tipe C yaitu perpustakaan dengan layanan dan koleksi belum memadai. Dalam hal ini yang termasuk perpustakaan tipe A yaitu Perpustakaan PPS, tipe B Perpustakaan Fakultas Dakwah dak Komunikasi, Perpustakaan Fakultas sain dan Teknologi, dan Perpustakaan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, sedangkan tipe C yaitu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaiora, Perpustakaan Syari’ah dan Hukum, Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Perpustakaan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

The existence of library in an institution is to support the institution in achieving its objectives. In the academic environment, the existence of a library is particularly to help the learning process in the academic community. Generally, academic libraries cover two systems in their development, i.e centralzed and decentralized. Those two systems have advantages and disadvantages. The system applied at UIN Alauddin Library is decentralized. This was a case study with qualitative descriptive analyses. Data ware obtained through observation, interview and documentation study at UIN Alauddin Library. The study discusses the category of correlate ion between Main and Faculty Libraries, from there perspectives, they are (1) services. The service system at UIN Alauddin Library is open access. Information retrieval system in main library is online and offline; however, the offline system is still applied in Faculty Libraries. (2) Collection. The collection at UIN Alauddin Library is stillinsufficient; it atill needs additional collection to fulfill all users’ demand, both in main and Faculty Libraries. (3) Human Resources. Human Resources in main and Faculty Libraries still inadequate, especially professionals in IT (Information Technology), both in qually points of view. Based on the classification above, the author divided the result into there different types of UIN Alauddin Libraries, which were type A,B and C. Tipe A was with excellent services and collections, type B was a library with excellent service but the isufficients collection, type C was a library with both inadequate services and collections. In this cirscumtance, Library of PPS was type A, the Library faculty Propagation and Communication, Faculty of Science and Technology Library, and Library of the Faculty of Health Sciences were tipe B, while the Faculty of Adab and Humanity Library, Library of Syari’ah and Low, Library and Teacher Faculty, and Ushuluddin and Philosophy Faculty Libraries were to type C.

Kata Kunci : Tipologi Perpustakaan, sistem sentralisasi dan desentralisai, korelasi perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.