Penggerakan animasi wayang kulit menggunakan penangkapan gerakan optis (Optical motion capture) dengan kamera tunggal
PRAMUDWIATMOKO, Arif, Prof. Adhi Susanto, M.Sc.,Ph.D
2010 | Tesis | S2 Teknik ElektroKesenian wayang kulit merupakan kekayaan budaya bangsa yang perlu dilestarikan. Pertunjukan wayang kulit sebagai seni yang berwujud audio-visual, dapat dikemas dalam kemasan yang lebih modern, yaitu animasi. Agar didapatkan gerakan animasi yang sesuai dengan gerakan obyek sesungguhnya di dunia nyata, perlu mengekstraksi gerakan langsung dari obyek sesungguhnya dari dunia nyata. Penangkapan gerakan optis adalah suatu teknik mengekstraksi gerakan dari suatu obyek di dunia nyata menjadi data gerakan menggunakan seperangkat peralatan masukan kamera video. Suatu model wayang kulit dibuat berwarna hitam menyeluruh dengan enam penanda titik sendi yang berwarna putih di masing-masing titik sendinya. Model tersebut digerakkan dengan latar belakang warna hitam dan direkam dengan sebuah kamera video biasa. Hasil rekaman tersebut menjadi masukan bagi program pengangkapan gerakan optis wayang kulit yang kemudian akan mendeteksi dan mengidentifikasi penanda-penanda titik sendinya dan menyusun informasi perpindahan posisi titik-titik sendi tersebut menjadi data panduan gerakan wayang kulit. Data panduan gerakan ini adalah data yang akan digunakan untuk menggerakkan MovieClip wayang kulit. Hasil dari gerakan MovieClip wayang kulit menggunakan data panduan gerakan hasil sistem ini adalah gerakan animasi wayang kulit yang persis dengan gerakan wayang kulit yang terrekam di dunia nyata. Bahkan data panduan gerakan ini dapat digunakan untuk menggerakkan animasi tokoh wayang kulit yang lain dari tokoh wayang kulit yang menjadi modelnya
The art of shadow puppet is a national cultural treasure which must be preserved. Shadow puppet performance, as an audio-video art, can be bundled into a more modern package, that is an animation. In order to get an animation movement match with a real object movement in the real world, it must be extracted directly from a real object in the real world. Optical motion capture is a technic of extracting movement from an object in the real world to become a movement data using a set of video camera input device. A shadow puppet model was made in all black with six white joint markers in each joints. That model was being moved with black background and recorded with an ordinary video camera. The recording result became an input for the shadow puppet optical motion capture system which then detected and identified the joint markers and managed that joint markers position information to become a shadow puppet motion guide data. This motion guide data was the data used to move the shadow puppet MovieClip. The result of this shadow puppet MovieClip motion using a motion guide data from this system is a shadow puppet animation movement which is the same as the shadow animation movement in the real world. Even this motion guide data can be used to move another shadow puppet character animation which has a different character than the model
Kata Kunci : Wayang kulit,Animasi,Penangkapan gerakan optis,Data panduan gerakan,MovieClip