Dampak akuisisi alfa retalindo Tbk oleh PT Carrefour Indonesia
MURYATI, Shanty Amallia, Sukmawati Sukamulja, Prof.,Dr
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenAk:uisisi adalah suatu penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi (acquiree), dengan memberikan aktiva tertentu mengakui suatu kewajiban, atau mengeluarkan saham. Dengan kata lain, akuisisi merupakan kegiatan pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Di balik akuisisi, tentunya ada motif yang ingin dicapai oleh kedua perusahaan yang bergabung antara lain meningkatkan nilai perusahaan, keunggulan kompetitif dalam industri, meningkatkan efisiensi biaya operasional, struktur modal yang kuat, manajemen dan teknologi (sinergi). PT. Alfa Retailindo Tbk. d/h Alfa Gudang Rabat atau Supermarket Alfa, perusahaan retail modem yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2000 tak luput ikut melakukan akuisisi untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat di industri retail Indonesia dengan memperoleh sinergi yang kuat dari PT. Carrefour Indonesia, peretail modem terbesar kedua asal Perancis. Pada tanggal 21 Januari 2008, PT. AI fa Retailindo Tbk. telah menjual 351 juta lembar sahamnya ALF A (75%) kepada PT. Carrefour Indonesia atau senilai Rp674 miliar atau 49,3 juta euro, yaitu seharga Rp1.921 per saham. Pada saat akuisisi hingga pukul 15.01 JATS waktu Bursa Efek Indonesia harga saham ALFA berada di level Rp2.050 per saham. Terlihat bahwa ada perbedaan sebesar Rpl29 antara harga jual Rp1.921 dan harga pasar Rp2.050, yang menimbulkan pertanyaan apakah saham ALFA telah dijual dengan harga yang wajar. Pada penelitian ini, akan melihat dampak akuisisi PT. Alfa Retailindo Tbk. (ALFA) oleh PT. Carrefour Indonesia dengan melihat kinerja perusahaan sebelum diakuisisi tahun 2002-2007 dan proyeksi kinerja setelah diakuisisi tahun 2008-2015. Kemudian penelitian ini juga menghitung nilai perusahaan atau valuasi saham ALF A yang wajar menggunakan metoda discounted cash flow. Kata kunci : akuisisi, motif sinergi, kinerja keuangan, harga pasar saham, harga jual saham, harga wajar saham, harga buku, valuasi saham, metoda discounted cash flow
Acquisition (acquisition) is a merger where one company, the acquirer (acquirer) gain control of the net assets and operations of the acquired company (acquiree), by giving certain assets, recognizes an obligation, or issuing shares. In other word, acquisition is purchasing activity of investor company to the acquiree company. There must be some motives from acquisition, for instance increasing the company's value, gaining competitive advantages in the retail industry, increasing efficiency in operational costs, strong financing, management and technology (synergy). PT. Alfa Retailindo Tbk. formerly Alfa Gudang Rabat or Alfa Supermarket, a modern retail store which has become a public company in Bursa Efek Indonesia since 2000, was also been acquired by gaining strong synergy from PT. Carrefour Indonesia, the second largest modern retail store from France to counter high competition in Indonesia retail industry. On 21 January 2008, PT. Alfa Retailindo Tbk. has sold 351 million shares of ALFA (75%) to PT. Carrefour Indonesia or equal to Rp674 billion or 49,3 million euro, or Rp1.921 per share. Until 15.01 Bursa Efek Indonesia JA TS time on the day of acquisition, ALF A shares was on level Rp2.050 per share. There is Rp 129 different point between selling price Rp 1.921 and market price Rp2.050. This leads to the question whether ALF A shares have been sold in fair price. This tesis will examine the effect of PT. Alfa Retailindo Tbk. (ALFA) acquisition by PT. Carrefour Indonesia by calculating the company's financial performance before acquisition from 2002 to 2007 and projected financial performance after acquisition from 2008 to 2015. The thesis will also calculate the company's valuation or the fair value of ALFA by using discounted cash flow method Keywords : acquisition, synergy motive, financial performance, market price, selling price, fair price, book value/price, share/company valuation, discounted cash flow method
Kata Kunci : Akuisis,Motif sinergi,Kinerja keuangan,Harga pasar saham,Harga jual saham,Harag wajar saham