Laporkan Masalah

Strategi pemasaran jasa pest control pada PT. "X" cabang Yogyakarta

SOPIAN, Prof. Dr. Ir. Masyhuri

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen Agribisnis

Seiring munculnya beberapa perusahaan jasa pest control, mampu meningkatkan daya saing di dalam memasarkan produk atau jasa pest control. Penelitian ini bertujuan mengkaji permasalahan di dalam pemasaran jasa pest control dalam menciptakan keunggulan bersaing dengan menentukan posisi perusahaan dan mengetahui formulasi strategi pemasaran yang dilakukan saat ini. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengidentifikasi melalui metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats). Dari hasil analisa matrik SWOT berdasarkan variabel-variabel internal (kekuatan-kelemahan) dan eksternal (peluang-ancaman), perusahaan berada pada posisi kuadran I (pertama), maka perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan yaitu strategi yang agresif atau growth oriented strategy. Strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan atau mempertahankan dan mengembangkan peluang yang ada. Berdasarkan kondisi bisnis pest control pada PT. “X” di Yogyakarta, maka perusahaan harus melakukan beberapa marketing strategy yaitu : Kontinyuitas program training dalam mempertahankan kualitas sumber daya manusia, perusahaan harus terus mengembangkan program-program training yang dapat menunjang dalam pelaksanaan kegiatan layanan jasa pest control, sehingga pelanggan akan merasa puas terhadap kualitas dan mutu yang diberikan perusahaan. Menjaga dan memelihara kualitas produk dan jasa, hal ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan melalui peningkatan pelayanan yang mengedepankan kualitas dan mutu atas jasa atau produk yang diberikan. Keterbatasan promosi menjadi salah satu faktor menurunnya tingkat pencapaian penjualan, sehingga perusahaan perlu meningkatkan promosi dengan cara perbanyak penyebaran brosur-brosur dan kontinyuitas iklan di media masa. Masih adanya potensi daerah yang belum dimanfaatkan dengan baik, maka perusahaan harus mengoptimalkan peluang ini dengan cara memperluas area distribusi melalui penempatan tim marketing atau sales untuk lebih fokus pada daerah tersebut.

Increasing number of Pest Control Service leads to the more competitive marketing strategy. This thesis objective is to analyze pest control marketing strategy facing higher competition, by determine company’s position and evaluate recent marketing strategy. It used description method, using SWOT identification model: Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats. Based on the SWOT model, Company “X” is in quadrant I. It means that, in marketing, the company has growth oriented strategy. This strategy is aggresive, tend to utilize, defend, and develop any chance exists. Regarding the market condition in Yogyakarta, this company must do some marketing strategy, such as: continuous training to improve human resource, and to improve the pest control service it self to keep the customer satisfaction of the service quality they get. To maintain the goods and services quality, the company builds a good relationship with its customers by giving the best quality service. Lack of promotions might make the sale decrease. Therefore the company needs to do more promotion such as give more brochures and advertisement in media. This company also can expand its area more widely to increase its market.

Kata Kunci : Pest control,Growth oriented strategy,Marketing strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.