Laporkan Masalah

Opini wisatawan nusantara tentang kualitas pelayanan di objek wisata Candi Prambanan

ARTIANTI, Hasti, Prof. Dr. Phil. Janianton Damanik, M.Si

2010 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Opini wisatawan nusantara tentang kualitas pelayanan di obyek wisata Candi Prambanan, (2) mengkaji perbedaan atau kesamaan Opini tentang kualitas pelayanan di obyek wisata Candi Prambanan berdasarkan jenis pekerjaan, pendidikan, tingkat pendapatan dan daerah asal, (3) mengetahui tuntutan wisatawan nusantara terhadap kualitas pelayanan di obyek wisata Candi Prambanan. Objek penelitian di Candi Prambanan. Opini didekati dengan menggunakan metode survey. Penerapan metode ini didasarkan beragamnya opini yang terbentuk pada masyarakat sehingga perlu diketahui perbedaan opini, dengan didasari karakteristik pengunjung yang terdiri dari pekerjaan, pendidikan, , pendapatan, dan daerah asal. Alat analisis yang digunakan adalah chi square untuk mengetahui perbedaan dan uji validitas dan reliabilitas alfa cronbach untuk menguji valid dan reliabilitasnya jawaban responden. Komponen produk pariwisata dilihat dari 3 aspek yaitu Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas sedangkan kualitas pelayanan didekati dengan pendekatan yang dikemukan oleh Parasuraman dengan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, assurance, emphaty, responsiveness dan tangibles. Wisatawan nusantara di Candi Prambanan sebagian besar menilai baik terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan disediakan oleh pemberi jasa di tiga aspek (atraksi, amenitas, aksessibilitas). Ada perbedaan opini dalam melihat kualitas pelayanan yang berdasarkan jenis pekerjaan dan tingkat pendidikan. Sedangkan jenis pendapatan dan daerah asal tidak terdapat perbedaan opini wisatawan nusantara dalam melihat kualitas pelayanan di obyek wisata Candi prambanan. Tuntutan wisatawan nusantara di Candi Prambanan pada tiga segi yang melekat pada obyek wisata adalah : Untuk atraksi, kualitas pelayanan yang assurance yaitu pelayanan yang sopan dan memiliki pengetahuan yang luas tentang atraksi di Candi Prambanan sehingga dapat menjawab pertanyaan dan menambah pengetahuan wisatawan. Untuk amenitas, kualitas pelayanan yang Assurance yaitu pelayanan yang sopan dan memiliki pengetahuan yang luas pada para petugas pusat informasi, toko souvenir yang memiliki produk yang komplit untuk ditawarkan. Untuk aksesibilitas, kualitas pelayanan yang Assurance yaitu pelayanan yang memiliki pengetahuan yang luas pada para petugas tranportasi dari, ke dan pada Candi Prambanan

This research aims to (1) determine domestic tourists opinion about the quality of tourism services at Prambanan Temple (2) assess the differences or similarities opinions about the quality of tourism services at Prambanan Temple based on the type of work, education, income level and region of origin. (3) to know the demands of domestic tourists to the quality of tourism services at Prambanan Temple. The object of research is at Prambanan Temple. This study used a survey method. The application of this method is based on the characteristics of visitors which consist of work, education, income, and region of origin. The analytical tool used to determine the difference is chi square. Validity and reliability used Alpha Cronbach. Components of tourism products viewed from three aspects : attractions, amenities and accessibility. While the quality of services using the approach proposed by Parasuraman are reliability, assurance, emphaty, responsiveness, and tangibles. Domestic tourists at Prambanan Temple largely assessed that the quality of services delivered and provided by service providers was good if it fulfills three aspects (attraction, amenity, accessibility). There are differences of opinion in view of service quality based on the type of job and education level. While the level of income and region of origin does not lead to differences of opinion in assessing the quality of tourist services at Prambanan Temple. There are three aspects demands of domestic tourists at Prambanan Temple namely: for attraction, they demand quality assurance service that is courteous service and has extensive knowledge about the attractions at Prambanan in order to answer questions and increase the knowledge of tourists. For amenity, they want the quality services that assurance is a courteous service and has extensive knowledge both for the information center officer, or officer who has a souvenir shop full of products to offer. For accessibility, they need the assurance of service quality of service that has extensive knowledge of transport workers from, to and at Prambanan Temple.

Kata Kunci : Wisatawan Nusantara,Atraksi,Amenitas,Aksessibilitas,Kualitas pelayanan, domestic tourist, attraction, amenity, accessibility, quality of services


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.