Strategi pemasaran virgin coconut oil PT. Lima Elang Emas Gorontalo
KASIM, Selvie A, Prof. Dr. Ir. Masyhuri
2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen AgribisnisPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang yang dimiliki PT. Lima Elang Emas Gorontalo untuk dapat merumuskan posisi perusahaan serta strategi yang akan diterapkan PT. Lima Elang Emas Gorontalo dalam memasarkan produk VCO. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa posisi strategis pemasaran VCO PT. Lima Elang Emas Gorontalo berada pada Kuadran I dimana perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threaths) yang menggunakan data primer yang merupakan hasil wawancara dengan menyebarkan daftar pertanyaan (kuesioner) kepada 30 responden serta data sekunder yang diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan PT. Lima Elang Emas. Sebelumnya data data tersebut diuji tingkat kesahihan dan keandalannya dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan lebih besar dari kelemahan (selisish 0,158), dan memiliki peluang yang lebih besar daripada ancaman (selisih 0,943). Hasil pemetaan pada Diagram SWOT, posisi PT. Lima Elang Emas Gorontalo berada pada Kuadran I dimana perusahaan tersebut berada pada situasi yang sangat menguntungkan yakni kekuatan yang dimiliki perusahaan digunakan untuk meraih peluang yang ada. Strategi yang diterapkan yakni kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi pemasaran yang dapat diterapkan yakni mempertahankan kualitas produk, mempertahankan kualitas sumber daya manusia, perluasan jaringan distribusi, meningkatkan kapasitas maksimum produksi, mengembangkan produk turunan VCO, meningkatkan program promosi dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan.
Focus of this research is to indentified strength and weakness and also threat and opportunity common PT. Lima Elang Emas Gorontalo to get formulate the company position including aplicable strategy of PT. Lima Elang Emas Gorontalo to sales the product VCO PT. Lima Elang Emas Gorontalo be on Quadrant I where the company had opportunity and strenght until can benefitted of opportunity. The methods using in this research are SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threaths) analysis that used primary data from interview with quesionair to 30 respondent, and also secondary data that get from the litterature be related to PT. Lima Elang Emas Gorontalo. Before the data had been analysis, will be test be validity level and reliability test using Validity test and Reliability test. Aims of this research are the company had strenght bigger than weakness (dispute 0,158), and had opportunity bigger than threat (dispute 0,943). Aims of the mapping of SWOT diagram, PT. Lima Elang Emas Gorontalo position in Quadrant I where the company be on profitable situation that is had strenght of company used to getted opportunity. Aplicable strategy that is agressive growing policy (Growth Oriented Strategy). Marketing strategy can be done to aplicated that is maintain of product quality, maintain human resource quality, expansion distribution network, increasing of maximum product capasity, increasing of VCO derivated product, developing promotion program and create networking with customers.
Kata Kunci : SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman),Strategi pemasaran