Laporkan Masalah

Kajian kualitas produk wisata kawasan Braga

HUSMAWATY, Dr. Ir. Budi Prayitno, M.Eng

2010 | Tesis | S2 Magister Arsitektur Perencanaan Pariwisata

Penelitian ini bersifat deskripsi rasionalistik yaitu untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan kualitas produk wisata di Kawasan Braga. Seberapa besar potensi yang ada dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas dari kawasan Braga, serta bagaimana tindakan dalam pengembangannya untuk meningkatkan kualitas kawasan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kualitas produk yang dimiliki hingga saat ini untuk meningkatkan kualitas kawasan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang merupakan temuan dilapangan. Juga, data sekunder yang diperoleh dari dokumen yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan menyebarkan teknik kuesioner kepada responden ditambah sengan studi pustaka (dokumentasi). Sasaran responden dalam penelitian ini adalah para pengunjung yang datang ke kawasan Braga. Teknik penggumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan menyebarkan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan penelitian ini. Sasaran responden dalam penelitian ini adalah para pengunjung obyek wisata Kawasan Braga. teknik penarikan sampling adalah random secara acak 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan Braga masih memiliki daya tarik yang cukup menarik, bukan saja bagi masyarakat kota Bandung akan tetapi dari luar Bandung (Jakarta, Yogyakarta, Bogor). Profil wisatawan yang datang ke Kawasan Braga didominasi oleh pengunjung pria dengan tingkat ekonomi menegah, dengan rata-rata berprofesi sebagai karyawan swasta. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa upaya pengembangan potensi kawasan sangat bergantung kepada pengembangan kualitas dan pengembangan produk wisata yang berkesinambungan, sehingga diperlukan uyapa-upaya pengembangan kualitas fisik kawasan kepada wisatawan oleh pengelola kawasan Braga

This research is rationalistic description is to answer the problems associated with the quality of tourism products in Regions Braga. How big is the potential that exists and the factors that influence the quality of the Braga region, and how actions in development for improving the quality of the area. The purpose of this research is to find great quality products that have until recently to improve the quality of the region. Sources of data in this study are primary data are the findings in the field. Data collection techniques by distributing questionnaires using a questionnaire technique to respondent added sengan library (documentation). Target respondents in this study was the visitors who came to the region Braga. Technique used in data using the questionnaire method by distributing the questions related to this research.Target respondents in this research are the visitor attractions Regions Braga. random sampling technique is random sampling 45 persons. The results showed that the Braga region still has a charm that was quite interesting, not only for urban communities but from outside Bandung, Bandung (Jakarta, Yogyakarta, Bogor). Profile of tourists who come to the area is dominated by the visitors Braga man with a medium economic level, with an average work as private employees. This study also shows that efforts to develop the potential of the region relies heavily on the development and the development of quality tourism products berkesinambunga, requiring additional development effort uyapa-physical quality to the tourist area by area managemen Braga.

Kata Kunci : Quality potential of regions Braga,Bandung,Quality Potential of Regions Braga, Bandung


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.