Analisis service level untuk menentukan tingkat persediaan optimum pada PT Sari Husada
SISWOYO, Fuad Adi, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBM., MPM
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenSebuah produk akan sampai ke tangan konsumen setelah setidaknya melalui beberapa proses dari pencarian bahan baku, proses produksi dan proses distribusi. Proses-proses ini melibatkan berbagai pihak yang saling terintegrasi dari pemasok bahan baku yang menyediakan kebutuhan produksi pada perusahaan manufaktur yang akan mengolah bahan baku tersebut menjadi produk jadi yang kemudian disampaikan kepada konsumen melalui distributor, ritel, pedagang kecil dan sebagainya. Tingkat Pelayanan (Service Level) merupakan konsep penilaian kepuasan pelanggan atas terkirimnya pesanan tepat pada waktunya dan dengan jumlah sesuai pesanan. Tingkat pelayanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jumlah barang yang masuk, rata-rata persediaan dan safety stock. Selain perhitungan tingkat pelayanan juga dapat dihitung tingkat inventory optimum yang menghasilkan tingkat pelayanan yang maksimum Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat pelayanan beberapa produk jadi nilai dan untuk mengetahui rata-rata inventori yang tepat pada kondisi SL target sehingga tidak terjadi delivery delay.
A product will delivered to the consumers after at least through some activity, from the search process raw materials, production process and distribution processes. These processes involve various parties mutually integrated from raw material supplies who provide the production requirements to the manufacturing companies that will process these raw materials into finished products are then passed on to consumers through distributors, retailers, small traders and end users. Service Level is the concept of customer satisfaction assessment of sent orders on time and in accordance with the number of orders. Level of service is influenced by several factors, including the amount of input goods from supplier, the average inventory and safety stock. In addition to calculating the level of service can also be calculated optimum inventory level that produces maximum level of service that this study aimed to determine the level of services number and value of finished products to determine the average inventory just in service level conditions so that the target delivery delay does not occur.
Kata Kunci : Tingkat pelayanan (Service level),Rata,rata persediaan (Mean inventory),Service Level, Optimum Invetory, Delivery Delay, Safety Stock