Laporkan Masalah

Strategi bersaing PT Petrobas Indonesia dalam menghadapi persaingan pada bisnis sektor hilir migas Indonesia :: Studi kasus PT Petrobas Indonesia

DJUWARDIE, Leta Juangku, Djoko Susanto, Prof., Dr., MSA

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi strategi yang sesuai bagi PT. Petrobas Indonesia dalam menghadapi persaingan pada industri hilir migas sehingga bisa meraih posisi market leader di Indonesia. Formulasi strategi bersaing didasarkan pada analisis terhadap kondisi internal dan ekternal yang dihadapi oleh perusahaan. Penelitian ini juga akan memberikan rekomendasi strategi ke depan yang sebaiknya dijalankan oleh PT. Petrobas Indonesia dalam menghadapi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu teknik interpretasi yang akan menjelaskan, mentransformasikan, menerjemahkan, dan menjelaskan makna, dari suatu kejadian dalam dunia sosial. Penelitian ini mengunakan metode analisis SWOT yang merupakan perangkat umum didesain dan digunakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan keputusan dan sebagai perencanaan strategis dalam berbagai terapan. Analisis SWOT berusaha mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada dengan mengelompokkan faktor-faktor lingkungan yang diteliti menjadi tingkat lingkungan, ancaman potensial dan kesempatan potensial ke dalam sebuah matrik. Selanjutnya disusun strategi yang memadukan berbagai faktor, sehingga akan didapatkan strategi efektif yang memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bersaing yang sesuai bagi PT. Petrobas Indonesia adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Penetrasi pasar dilakukan dengan menarik konsumen potensial menjadi konsumen baru dengan cara berpromosi lebih gencar agar konsumen mengetahuinya. Strategi pengembangan pasar dilakukan dengan menarik konsumen baru di luar negeri menjadi konsumen baru. Perusahaan yang dibidik ditekankan pada perusahaan yang diprediksikan akan mengalami pertumbuhan dalam pendapatannya. Sementara strategi pengembangan produk dilakukan agar perusahaan dapat mengantisipasi kejenuhan pasar dan perubahan tuntutan pelanggan. Untuk dapat melaksanakan strategi tersebut secara maksimal, maka PT. Petrobas Indonesia perlu meningkatkan kemampuan riset pemasaran khususnya perubahan perilaku konsumen, mengelola dan memberdayakan modal yang dimiliki dengan penuh kehati-hatian. Selain itu, perusahaan juga perlu meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta mental go internasional karyawan agar dapat menekan inefisiensi dan mendorong produktivitas kerja melalui program pelatihan dan pengembangan baik in house maupun out house training.

This research is performed to identify the strategy that is appropriate for the PT. Petrobas Indonesia in against competition in oil and gas downstream industry, so that can achieve the market leader position in Indonesia. The competitive strategy formulation based on analysis on internal and external condition. This research also will give recommends the better future strategy that performed by PT. Petrobas Indonesia to face the company’s internal and external environment. Research method which used in this research is qualitative research method, that is interpretation technique to explain, transform, translate, and making of purpose from an event in the social world. This research use SWOT analysis method, representing public peripheral of application and used as by step early in course of decision making and as strategic plan in so many science. SWOT analysis trying to identified the strength, weakness, opportunity, and threat by classified the environmental factors to be environmental level, potential threat and potential opportunity into the matrix. Furthermore arranged the strategy that integrated all factors, so that got the effective strategy which maximize existing opportunity and strength and also minimize the weakness and threat faced by company. The result from this research is showed that competitive strategy that appropriate for the PT. Petrobas Indonesia are market penetration strategy, market development, and product development. Market penetration performed by gathering new potential consumer with doing promotion more intensive. Market development performed by gathering new consumer from foreign. The company that targeted emphasis for company that predicted will get income growth. While for product development strategy performed in order to the company get anticipated the boring market and consumer demand change. To implemented it strategy optimally, PT. Petrobas Indonesia needed to improving the competency of marketing research, especially consumer behavior change, managing and empowering the capital that owned with prudently. Beside that, the company also need to improving the capability, skill and employees’ go international mental in order to pressing inefficiency and driving the work productivity through training and development program as well as in house or outhouse training.

Kata Kunci : Strategi bersaing,Industri hilir migas,Analisis SWOT, Competitive Strategy, Oil and Gas Downstream Industry, SWOT Analysis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.