Formulasi strategic destination statement berbasis balanced scorecard di PT Niaga Harmoni Indonesia
AKBAR, Agathuszon, Saefuddien Hasan, Drs., MBA
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenPersaingan di dunia bisnis saat ini yang semakin ketat membuat perusahaan berlomba-lomba untuk terus menerus membuat suatu inovasi yang berkelanjutan demi eksistensi perusahaan di dunia usaha dan bahkan unggul dalam persaingan. Balanced Scorecard merupakan suatu sistem manajemen yang dapat dipergunakan untuk mengukur kinerja perusahaan, memantau perkembangan kinerja tersebut, serta menjalin strategi dengan program-program kerja perusahaan dalam rangka mencapai visi dan misi yang ditetapkan oleh perusahaan. Destination Statement merupakan upaya dalam membuat suatu keputusan rasional mengenai kegiatan organisasi dan penentuan target mengenai kegiatan tersebut, sebuah perusahaan harus membuat ide yang jelas mengenai usaha organisasi yang hendak dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa strategy perusahaan dan merancang sebuah strategik destination statement dengan menggunakan metode balanced scorecard. Melalui strategik destination statement sebuah perusahaan akan memiliki gambaran jelas mengenai apa yang akan dicapai. Berdasarkan analisis yang dilakukan telah diketahui bahwa ada kejelasan antara visi, misi dan tujuan perusahaan serta tolak ukur dalam perspektif keuangan, perspektif pelanggan, bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Strategik destination statement yang dirancang telah memberikan strategik objektif dengan menggunakan ke empat perspektif dari idengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Indikator kinerja kunci yang dirumuskan digunakan sebagai tolak ukur penentu keberhasilan strategik objektif tersebut.
Competition in today's business world that increasingly stringent making competing companies to continuously create an innovation that sustainable for the existence of the company in the business world and even superior in the competition. The Balanced Scorecard is a management system that can be used to measure company performance, monitor the performance development, and build strategies to work programs in achieving the corporate vision and mission set by the company. Destination Statement is an effort in making a rational decision about the organization's activities and the targeting of these activities, a company must make a clear idea about the business organization to be achieved. The purpose of this study is to analyze the company's strategy and design a strategic destination statement using the balanced scorecard method. Through a strategic destination statement of a company will have a clear picture of what will be achieved. Based on the analysis carried out has been known that there is clarity of vision, mission and objectives of the company and a benchmark in the financial perspective, customer perspective, internal business, and learning and growth perspective. Strategic destination statement designed has provided strategic objective by using the four perspectives of a balanced scorecard for the period set. Key performance indicators defined are used as benchmarks that determine the success of strategic objectives.
Kata Kunci : Strategik destination statement,Balanced scorecard,SWOT,Strategik manajemen,strategic destination statement, balanced scorecard, SWOT, strategic management