Laporkan Masalah

Evaluasi penerapan strategi bisnis :: Studi pada Honad Prospect Motor

NUGROHO, Prawidya, Harsono, Dr., M.Sc

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

PT. Honda Prospect Motor merupakan perusahaan produsen mobil terbesar kelima di Indonesia. Perusahaan ini terletak di daerah Sunter Jakarta Utara. Saat ini PT. Honda Prospect Motor Indonesia memiliki kapasitas produksi sebesar 40,000 unit/year/2 shift (Body Plant) dan 160,000 unit/year/3 shift (Engine Plant) dan mempunyai dealer kurang lebih 89 unit yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia . Selain merakit unit Mobil untuk memenuhi target permintaan konsumen PT.HPM juga melakukan produksi dalam bentuk sparepart yang ditujukan untuk export yang berguna untuk menambah pendapatan pertahun Namun selama 5 tahun terakhir berdasarkan data Gaikindo HPM hanya menduduki posisi kelima pada skala nasional, sehingga hal tersebut menunjukan suatu indikasi bahwa HPM mempunyai setidaknya sedikit masalah dengan strateginya atau bahkan HPM tidak dapat menyaingi strategi produsen lain yang memang terus berkembang secara aktif. Untuk mengetahui penyebab hal tersebut diatas, maka perlu dilakukan penelitian dalam rangka mengevaluasi strategi bisnis yang dilakukan PT Honda Prospect Motor. Apakah strategi bisnis yang diterapkan masih efektif sesuai dengan visi dan misi yang diemban dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan ?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, bersifat studi kasus pada PT Honda Prospect Motor Indonesia dengan menggunakan alat analisis Five Forcess Model, SWOT Analysis dan Key Success Factor. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum PT HPM Indonesia telah, merancang strategi bisnis yang cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan, namun Honda Prospect Motor mempunyai kelemahan demgan harga jual produk yang cukup tinggi dan dalam pelaksanaannya sering terlambat dan terkesan kurang fokus, sehingga peluang dan kesempatan yang ada, tidak dapat ditangkap dengan baik. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya pada Honda Prospect Motor dalam menerapkan strategi bisnis dan rencana bisnis jangka panjang. Diharapkan PT Honda Prospect Motor Indonesia dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, mampu meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

PT. Honda Prospect Motor is the company's fifth largest car manufacturer in Indonesia. The company is located in Sunter Jakarta Utara. Currently PT. Honda Prospect Motor Indonesia has a production capacity of 40.000 unit/year/2 shift (Body Plant) and 160.000 unit/year/3 shift (Engine Plant) and has approximately 89 dealers scattered units throughout the territory of Indonesia. In addition to assembling a car units to meet consumer demand PT.HPM targets also in the form of spare parts production intended for export are useful to increase annual revenue, but during the last 5 years based on the data occupies only Gaikindo HPM fifth position on a national scale, so that it shows a indication that HPM has at least a slight problem with the strategy or even HPM strategy can not compete with other producers who are actively growing. To determine the cause of the above, it is necessary to do research in order to evaluate business strategies carried out by PT Honda Prospect Motor. Does business strategy is effectively implemented in accordance with the vision and mission that carried in order to increase the value of the company?. Kind of research is descriptive, is a case study on PT Honda Prospect Motor Indonesia by using analytical tools Forcess Five Model, SWOT Analysis and Key Success Factor. The results showed that in general PT HPM Indonesia has, designing a business strategy that is good and in accordance with the requirements, but Honda Prospect Motor has a weakness demgan selling price high enough and the implementation is often delayed and seemed less focused, so the chances and opportunities There can not be captured properly. With this research, is expected to provide benefits, especially at Honda Prospect Motor in implementing business strategies and long-term business plan. Expected PT Honda Prospect Motor Indonesia could take advantage of strengths and opportunities, able to minimize weaknesses and avoid threats that will occur will be the future.

Kata Kunci : Business strategy,Marketing strategy,Market share,Technology innovation, Strategi Bisnis, Marketing Strategy, Market Share, Inovasi Teknologi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.