Analisis strategi bersaing dalam bisnis ritel :: Studi kasus PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart)
SUGIHARTI, Susan, Supriyadi, Dr., M.Sc
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bisnis ritel di Indonesia dengan menganalisis strategi bersaing PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. yang merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari melalui gerai minimarket Alfamart. Alfamart yang didirikan pada tahun 1999 saat ini mempunyai kinerja yang baik jika dibandingkan dengan merek minimarket pesaing utama yaitu Indomaret yang didirikan pada tahun 1988, hal ini dapat dilihat dari pencapaian jumlah omset dan jumlah gerai yang dimiliki Alfamart. Analisis internal dan eksternal dilakukan untuk mengetahui lingkungan umum perusahaan dan lingkungan industri bisnis ritel. Analisis eksternal dilakukan dengan menganalisis lingkungan bisnis umum, five forces competition. Analisis internal dilakukan dengan menganalisis marketing mix dan value chain. Hasil analisis eksternal dan internal tersebut kemudian digunakan untuk melakukan analisis SWOT yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Hasil dari analisis strategi bersaing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk adalah strategi yang diterapkan Alfamart sudah tepat karena terbukti dengan kinerja Alfamart yang memuaskan dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya. Namun dalam menghadapi perubahan dan perkembangan lingkungan, masih terdapat hal yang perlu diperhatikan agar Alfamart dapat terus mempertahankan keunggulan bersaingnya. Dengan demikian strategi yang cocok diterapkan pada PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. adalah cost leadersip yang merupakan strategi yang bertujuan untuk memberikan efisiensi biaya dalam sebuah intensitas bisnis dan mencapai keunggulan dalam biaya, sehingga Alfamart dapat mengusahakan biaya yang relatif lebih rendah dibanding pesaingnya, tanpa mengabaikan aspek kualitas, pelayanan dan bidang-bidang yang terkait dengan Alfamart.
This research aims to reveal the condition of retail business in Indonesia by analyzing the competitive strategy of PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. as the local company operated in trade and retail service which provides daily needs through Alfamart minimarket outlets. Alfamart which was established in 1999 now has performed well compared to its major competitor, Indomaret, which was established in 1988. This was shown by the number of Alfamart’s outlets and earnings. The internal and external analysis were done to reveal the company’s environment and the environment of retail business industry. The external analysis was done by analyzing the general business environment and five forces competition. The internal analysis was done by analyzing marketing mix and value chain. The external and internal analysis were then used to do SWOT analysis which purported to know the strength, weakness, opportunity, and threat that the company has to deal with. The result of competitive strategy analysis of PT Sumber Trijaya, Tbk. was that the strategy of Alfamart has applied appropriately. It was shown by the satisfying performance of Alfamart compared to its competitors. Nevertheless, in dealing with opportunity and threat, there are things need to be concerned in order Alfamart to continue retain its competitive strategy. It is revealed that the appropriate strategy applied to PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk is cost leadership which is purported for cost efficiency within an intensity of business and to reach excellency in cost. Therefore, Alfamart might possibly spends relative lower cost than its competitor without ignoring quality, service, and other aspects related to Alfamart.
Kata Kunci : Industri ritel, Lingkungan bisnis umum, Five forces competition, Marketing mix, retail industry, general business environment, five forces competition, marketing mix, value chain, SWOT