Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing produk Lactamil pada PT Sarihusada

SULISTYOWATI, Masruroh, supriyadi, Dr., M.Sc

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk mempelajari: strategi bersaing produk Lactamil milik P.T. Sari Husada dalam menghadapi persaingan pada segmen susu ibu hamil dan menyusui di Indonesia, meneliti dampak perubahan lingkungan bisnis terhadap perkembangan perusahaan, sumber daya perusahaan yang sudah memadai untuk menghadapai persaingan bisnis, dan meneliti apakah perusahaan sudah tepat dalam menggunakan sumber dayanya guna menghadapi perubahan lingkungan bisnis tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah dengan melakukan studi pustaka dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis struktural industri (five forces of competition), analisis peluang dan ancaman, analisis faktor keberhasilan utama (KSF), analisis kekuatan dan kelemahan, analisis rantai nilai, dan analisis strategi bersaing. Hasil dari analisis yang telah dilakukan adalah produk Lactamil mampu mempertahankan keberadaannya di kategori ibu hamil dan menyusui sebagaimana ditandai dengan pertumbuhan penjualan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan perolehan pangsa pasar yang mendekati kompetitor utamanya yaitu prenagen. Strategi yang digunakan dalam memasarkan Lactamil lebih kepada strategi lowcost untuk memenangkan persaingan di segmen ibu hamil dan menyusui.

This study aims to study: competing strategies Lactamil products belonging to PT Sari Husada in the face of competition in the dairy segment of pregnant and lactating women in Indonesia, examining the impact of changes in the business environment for enterprise development, corporate resources are adequate to face the competition of business, and to examine whether the company has the right to use its resources to deal with changing business environment it. Research methods used in the writing of this thesis is to do a literature study and interviews. Analysis method used is the structural analysis of industries (five forces of competition), opportunities and threats analysis, analysis of key success factors (KSF), analysis of strengths and weaknesses, value chain analysis, and analysis of competing strategies. The results of the analysis has been done is the product Lactamil able to maintain a presence in the category of pregnant and lactating mothers, as indicated by sales growth over the last few years. This is marked by the acquisition of market share is close to its main competitors prenagen. Strategy used in marketing over the Lactamil Lowcost strategy to win the competition in the segment of pregnant and lactating mothers.

Kata Kunci : Strategi bersaing, Persaingan, Produk Lactamil, Segmen ibu hamil, Segmen ibu menyusui, Perubahan lingkungan bisnis, Strategi lowcost, competitive strategy, competition, Lactamil product, segment of pregnant and lactating mothers, changing business environ


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.