Integrasi teoritis model end user computing satisfaction Chin dan Lee dengan task technology fit
WIHARJA, Kemas Rahmat Saleh, Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D
2010 | Tesis | S2 Magister Teknologi InformasiPengukuran kepuasan pengguna memiliki sejarah yang panjang di dalam disiplin ilmu sistem informasi. Pada umumnya, kebanyakan penelitian awal hanya fokus pada karakteristik sistem, tanpa mencoba memahami proses dari pembentukan kepuasan. Kemudian, muncul beberapa penelitian dunia pemasaran yang mencoba mempelajari pembentukan kepuasan pengguna berdasarkan teoriteori perilaku dengan layanan/produk tradisional. Selain teori kepuasan yang berasal dari dunia pemasaran, juga bermunculan teori kepuasan dari dunia teknologi informasi. Penelitian pada tesis ini difokuskan untuk menggabungkan dua teori kepuasan pengguna yang berasal dari dunia teknologi informasi. Teori pertama adalah teori yang mampu menjelaskan proses terbentuknya kepuasan pengguna dari expectation dan desire. Sedangkan teori kedua adalah teori yang mampu menjelaskan kesesuaian antara tugas pengguna dengan teknologi informasi yang mendukungnya. Teori yang dihasilkan dari penggabungan ini selanjutnya akan divalidasi dengan menggunakan dataset dari uji lapangan. Teori baru yang penulis usulkan mengacu pada model EUCS Chin dan Lee serta model Task Technology Fit. Oleh karena itu, dalam penyusunan definisi operasional, penyelenggaraan card sorting dan pembuatan kuisioner, penulis selalu mengikuti kedua model tersebut. Dalam melakukan penelitian ini, salah satu pertanyaan yang cukup menggelitik adalah apakah predictive power dari masing-masing model EUCS Chin dan Lee serta model Task Technology Fit akan meningkat jika disatukan menjadi model baru ?
The measurement of satisfaction has had a long history within the IS discipline. In general, most early studies focused only on the characteristics of the system, without trying to understand the process of the formation of satisfaction. Then, several studies in marketing world which trying to learn the formation of user satisfaction based on behavioral theories with the service / traditional products emerged. Beside the theory of satisfaction that comes from the marketing world, the satisfaction theory also emerged from the world of information technology. This research is focused on combining the two theories of user satisfaction which comes from the world of information technology. The first theory is a theory that can explain the formation process of the user satisfaction of the expectation and desire. Whereas the second theory is a theory that can explain the fit between user task with the support of information technology. The theory resulting from this merger will further validated using datasets from field tests. The new theory that the author propose refers to the Chin and Lee’s end user computing satisfaction model and model of Task Technology Fit. Therefore, in the preparation of an operational definition, the implementation of card sorting and making questionnaires, the author always follow the two models. In this research, one question that is intriguing is whether the predictive power of each Chin and Lee’s model and the model of Task Technology Fit will increase if they are combined into a new model ?
Kata Kunci : End,user computing satisfaction,Expectation,Desire,Task,technology fit