Laporkan Masalah

Interferensi gramatikal bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab tulis mahasiswa tingkat IV Mahad Ali Bin Thalib UMY

SADIYAH, Zaimatus, Prof. Dr. Syamsul Hadi, SU., MA

2009 | Tesis | S2 Agama dan Lintas Budaya

Tesis ini membahas tentang interferensi gramatikal bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab tulis mahasiswa/mahasiswi tingkat IV Ma’had Ali Bin Abi Thalib UMY. Interferensi adalah fenomena yang muncul dalam proses mempelajari bahasa asing sebagai bahasa kedua, fenomena tersebut muncul karena adanya pengaruh bahasa pertama (B1) terhadap proses belajar bahasa kedua (B2. Interferensi ini dapat terjadi pada tataran fonologi, morfologi, sintaksis dan leksikal. Penelitian ini hanya dibatasi pada interferensi gramatikal, khususnya dalam bahasa tulis dengan landasan bahwa kemampuan gramatikal merupakan barometer kemampuan komunikatif dalam penguasaan suatu bahasa. Apalagi jika kemampuan itu dituangkan dalam bentuk tulisan, karena keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling tinggi, setelah keterampilan mendengarkan, keterampilan membaca, dan keterampilan berbicara. Dari data yang diperolah dapat dilihat bahwa interferensi gramatikal masih sering muncul terutama interferensi dalam tataran sintaksis. Dengan penelitian ini diharapkan dapat didiskripsikan berbagai bentuk interferensi gramatikal yang muncul karena perbedaan kaidah gramatikal bahasa Indonesia dan bahasa Arab, sehingga dapat ditentukan metode pengajaran bahasa Arab yang lebih efektif untuk meminimalisasi terjadinya interferensi yang sama di kemudian hari. Khususnya bagi kalangan Ma’had Ali Bin Abi Thalib UMY.

This thesis discusses on grammatical interference that found on student’s writing who studies Arabic language as a second language at Ma’had Ali Bin Abi Thalib of Muhammadiyah University of Indonesia (UMY). Interference is a common phenomenon that occurs not only in the speech of bilinguals but also in the written expressions as a result of the difference between the mother tongue and the second language. The interference is not only found in phonology level of the student’s writing but also found in grammatical (morphology & syntaxes) and lexical level. But this thesis is limited only on grammatical interference namely syntaxes level because the grammatical ability is the important thing in measuring foreign language ability. Many kinds of syntaxes interferences are found on the student’s writing, and based on these kinds of interferences, it is important to provide the best method on foreign language teaching to minimize these interference phenomena.

Kata Kunci : Interferensi gramatikal,Bahasa Indonesia,Bahasa Arab,grammatical interference,bahasa Indonesia,Arabic language


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.