Analisis pemosisian merek-merek susu kental manis putih
PRANATA, Aditya Yuda, B.M. Purwanto, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenMerek merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran, karena kegiatan memperkenalkan dan menawarkan produk atau jasa tidak terlepas dari merek yang dapat diandalkan. Mengelola merek berarti menciptakan suatu asosiasi terhadap merek tersebut sehingga sebuah produk atau merek dapat terposisikan di benak konsumen sebagai akibat komunikasi yang dilakukan. Memposisikan produk atau merek ke dalam benak konsumen merupakan suatu upaya agar produk atau merek memiliki posisi yang strategis di pasar, memiliki daur hidup yang lebih panjang, dan dapat bersaing di arena persaingan yang semakin ketat. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah preferensi konsumen terhadap merek susu kental manis putih dan untuk mengetahui posisi merek-merek susu kental manis putih tersebut. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa secara umum, konsumen lebih menyukai susu kental manis merek Frisian Flag dan Indomilk dibandingkan susu kental manis merek yang lain. Hasil penelitian ini juga memberikan informasi bahwa terdapat kemiripan atribut pada susu kental manis merek Frisian Flag, Indomilk, dan Cap Enak, dimana ketiga merek tersebut memiliki ciri citra merek yang baik dan harga yang mahal. Sedangkan susu kental manis merek Tiga Sapi memiliki citra merek yang rendah dengan harga jual yang murah. Dalam hal konsumsi susu kental manis, konsumen yang mengkonsumsi susu kental manis merek Frisian Flag, Indomilk, dan Cap Enak dengan tujuan untuk kebutuhan gizi, Carnation dikonsumsi dengan tujuan untuk penambah energi, Tiga Sapi dikonsumsi dengan tujuan menjaga kesehatan tubuh, dan Kreemer dikonsumsi dengan tujuan untuk campuran makanan atau minuman.
Brand is one of the important factors in marketing activity, because the activity of introducing and offering the product or the service is not far away from the reliable brand. Managing brand means to create an association in the customers’ mind so that the product or the service could be set in the customers’ heart as the result of the communication that has been done. Setting the product or the brand into the customers’ mind is an effort in order to make the product or the brand have a strategic position within the market, to have a longer life-cycle, and to compete in a moretensed competition. Based on the explanations above this research aims to knowing how the position of the heavy cream brands’ competition according to the customers. The result of this research is known that in general, customers like Frisian Flag and Indomilk more than others. The resut of this study also informed that Frisian Flag, Indomilk, and Cap Enak, where the three brands have the characteristic of high image brand and expensive price. On the contrary, Tiga Sapi has the characteristic low image brand and cheap price. In the aspect of heavy cream milk consumption, customers who consumed Frisian Flag, Indomilk, and Cap Enak had the purpose of fulfilling the nutrition, Carnation was consumed with the purpose of increasing the energi, Tiga Sapi was consumed with the purpose of keeping the body healthy, and Kreemer was consumed with the purpose of mixing it with the food or drink.
Kata Kunci : Harga,Rasa,Kandungan nutrisdi,Kemasan,Ketersediaan,Citra merek,Price,taste,content of nutrition, package,the availability of brand image.