Laporkan Masalah

Analisis ekspor minyak nilam Indonesia ke Amerika Serikat

SARI, Pinjung Nawang, Dr. Ir. Slamet Hartono, S.U., M.Sc

2009 | Tesis | S2 Ekonomi Pertanian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika ekspor minyak nilam Indonesia ke pasar utama minyak nilam dunia, yaitu Amerika Serikat, selama periode 1989-2009, dengan cara menganalisis : (1) kinerja ekspor, (2) daya saing, serta (3) faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ekspor minyak nilam Indonesia ke Amerika Serikat. Kinerja ekspor diukur menggunakan indikator tren ekspor, Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), dan Indeks Penetrasi Pasar (IPP), sedangkan daya saing ekspor diukur menggunakan indikator RCA (Revealed Comparative Advantage) dan AR (Acceleration Ratio). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa : (1) kinerja ekspor minyak nilam Indonesia baik : (a) tren ekspor positif, (b) ISP positif, berada pada tahap pematangan ekspor dan komoditas layak ekspor, (c) IPP rata-rata terbesar, walaupun cenderung menurun; (2) Daya saing ekspor minyak nilam Indonesia kuat : (a) Indeks RCA ratarata terbesar, walaupun cenderung melemah, (b) Nilai AR mendekati +1, kemampuan percepatan ekspor baik; (3) Faktor-faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap permintaan ekspor minyak nilam Indonesia ke Amerika Serikat adalah ekspor minyak nilam dunia, ekspor minyak nilam Perancis, harga internasional, dan harga ditingkat penyuling. Dalam rangka perbaikan kinerja dan peningkatan daya saing ekspor minyak nilam Indonesia ke Amerika Serikat, disarankan : (1) untuk dapat menjaga kontinuitas produk dengan menjalankan program pewilayahan komoditas; (2) mengupayakan kerjasama dan dukungan bersama antara pemerintah dan pelaku usaha; (3) menyelenggarakan secara periodik forum komunikasi antara pelaku usaha dan dinas terkait di setiap sentra produksi; (4) pemerintah dan eksportir berperan aktif dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada petani dan penyuling untuk mengantisipasi kondisi dan kebutuhan pasar dunia; (5) mengantisipasi penurunan pangsa pasar dengan terus memperbaiki kualitas produk selalu stabil dan seragam, serta sesuai dengan permintaan; (6) dalam percepatan ekspor memperhatikan kebutuhan serta stok pembeli untuk menghindari terjadinya over supply yang dapat menyebabkan harga jatuh.

This study aims to analyze the Indonesian patchouly oil’s export dynamic to the world main market, United States of America, between 1989-2009 period, by analyzing : (1) the export performance, (2) the export competitiveness, and (3) the factors influenced to Indonesian patchouly oil export demand to United States of America (USA). The export performance was measured by trend of export, Trade Specialization Index (ISP), and Market Penetration Index (IPP); while the export competitiveness was measured by Revealed Comparative Advantage (RCA) and Acceleration Ration (AR) Index. This study shows that : (1) the export performance have worked well : (a) trend of export was positive, (b) ISP was positive, at maturity level, (c) average of IPP was the biggest, though had a decreasing trend; (2) the export competitiveness was strong : (a) the average of RCA was the biggest, though had a weaken inclined, (b) AR value approached to +1, the export acceleration worked well; (3) The significanced factors influenced to Indonesian patchouly oil to USA were world patchouly oil export, France patchouly oil export, international price, and distillation point price. In order to maintained the export performance, and to decrease the competitiveness, should be done as following : (1) to maintained the continuity of product by making a commodity area concentration, (2) to strove the cooperation and support between government and industrialist, (3) periodically to hold a communication forum beween industrialist and government services at patchouly oil production central, (4) government and industrialist to actively giving consulting to farmers for anticipating the world market needs and conditions, (5) to anticipating the decreasing of market share by continuously improving the product quality, and (6) to give extra attention at buyer needs and stocks for avoiding the over supply.

Kata Kunci : Minyak nilam,Dinamika ekspor,Kinerja,Daya saing,Faktor,faktor yang berpengaruh,patchouliy oil,export dynamic,export performance,competitiveness,factors influenced to export


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.