Peran kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap stres pada remaja
SUMANTRI, Hari, Prof. Dr. Masrun
2009 | Tesis | S2 Magister PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap stres pada remaja di SMA Stella Duce I Yogyakarta. P opulasi penelitian ini adalah siswi kelas dua SMA Stella Duce I Yogyakarta yang berjumlah 276 siswi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswi dengan teknik quota non random sampling . Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes SPM (standard progressive matrices), menggunakan kuesioner dengan model skala likert yang dimodifikasi. Uji reliabilitas dilakukan dengan teknik alpha cronbach , yang menghasilkan nilai 0,899 untuk variabel kecerdasan emosional, 0,945 untuk variabel kecerdasan spiritual, dan 0,916 untuk variabel stres. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan pengujian hipotesa dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama mempunyai peran terhadap turunya stres dengan nilai R = 0,691. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecerdasan emosional mempunyai peran yang sangat signifikan terhadap stres, sedangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual dipersepsi tidak mempunyai peran yang signifikan terhadap stres.
This research aimed to investigate the roles of intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on stress among teenagers students of Stella Duce I High School Yogyakarta.This research use the survey method and take 80 students of Stella Duce I High School Yogyakarta as research subjects. The sample was taken by quota non random sampling technique, thus we get the data by using modified likert scale quesionnaire and the standard progressive matrices (SPM) to gain information about intellectual intellegence. The reliability was tested by alpha cronbach and the results showed 0.8 for emotiional intelligence scale, 0.9 for spiritual intelligence scale, and 0.9 for stress scale. Data were analyzed in regression mode with SPSS 15.00. The results show that intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence together have a significant effect in decreasing stress with R=0,691. This study also found that emotional intelligence play a key role in reducing stress while intellectual intelligence and spiritual intelligence have little contribution in reducing stress among teenagers.
Kata Kunci : Kecerdasan intelektual,Kecerdasan emosional,Kecerdasan spiritual,Stres,Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence