Laporkan Masalah

Sistem pendukung keputusan peramalan penjualan barang :: Studi kasus peramalan penjualan barang dan pemilihan daerah pemasaran pada TB. Andi Star Yogyakarta

FIATI, Rina, Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D

2009 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem interaktif berbasis komputer yang membantu pengambil keputusan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur. Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Penjualan Barang ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai dua kemampuan analisa yaitu analisa peramalan penjualan barang dan analisa pemilihan daerah pemasaran. Analisa peramalan penjualan barang menggunakan data penjualan barang pada bulan-bulan sebelumnya yang diambil dari data internal sistem informasi penjualan barang. Model peramalan yang digunakan adalah metode Trend Moment. Sedangkan untuk analisa pemilihan daerah pemasaran menggunakan kriteria daerah pemasaran dengan empat variabel keputusan yaitu harga, produk, tempat dan promosi. Model pemilihan daerah pemasaran menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa peramalan penjualan buku dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan toko dengan cara memilih daerah pemasaran yang terbaik yang bertujuan untuk membuka toko baru. Daerah pemasaran yang mempunyai nilai prioritas tertinggi adalah daerah yang akan dipilih untuk dijadikan target pemasaran perusahaan dalam membuka toko baru berdasarkan hasil akhir pengujian yang dihasilkan oleh sistem. Dengan mendapatkan daerah pemasaran terbaik maka perusahaan dapat meningkatkan penjualan barang. Sehingga diharapkan dengan adanya toko yang baru dapat meningkatkan jumlah produksi dan penjualan buku.

Decision Support System is a computer-based interactive system that helps decision-makers utilize data and models to solve the problem that is not structured. This Decision Support Systems for Goods Sales Forecasting aims to build a decision support system that has two capabilities, namely analysis of goods sales forecasting and analysis the marketing selection area. Analysis of goods sales forecasting using the goods data in the previous months was taken from the internal data of information system goods sales. The forecasting model used in these research was the of Trend Moment method. While for the analysis of selection marketing areas using the criteria of marketing areas with four decision variables, namely price, product, place and promotion. The selection model of regional marketing using Analytical Hierarchy Process (AHP) method. Results of the research indicated that book sale forecasting can be used as base to develop store by selecting the best marketing area to open new store. Marketing area that has highest priority is area selected to be marketing target of company in opening new store based on result of test by the system. Getting the best marketing area, company can increase good sale. So, new store is expected to increase book production and sale.

Kata Kunci : Sistem pendukung keputusan,Trend moment,Analytical hierarchy process,Decision Support Systems, Trend Moment, Analytical Hierarchy Process


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.