Sistem pendukung keputusan untuk penentuan prioritas pelayanan calon pelanggan baru :: Studi kasus : PT. Dream Sukses Airindo-Ambon
GINTING, Widyanti Sri, Drs. Retantyo Wardoyoi, M.Sc., Ph.D
2009 | Tesis | S2 Ilmu KomputerPada era teknologi informasi, pemanfaatan komputer dalam berbagai aktifitas sangat mutlak diperlukan. Para pengguna teknologi informasi selalu mencoba untuk menemukan suatu sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan sehingga diharapkan pembuat keputusan mampu membuat suatu keputusan yang lebih baik. Teknologi informasi yang mendukung dalam pengambilan keputusan disebut dengan sistem pendukung keputusan (SPK). SPK dapat membantu pengambil keputusan dalam membuat suatu keputusan yang efektif dan terarah. Untuk itu sistem pengambilan keputusan yang merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer diharapkan mampu memberikan suatu solusi bagi pimpinan untuk mengambil keputusan dalam hal penentuan prioritas pelayanan calon pelanggan baru di PT. DSA - Ambon. Model pembobotan nilai yang merupakan salah satu bagian dari perkembangan sistem informasi khususnya sistem pendukung keputusan digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah pengambilan keputusan di PT. DSA - Ambon. Penyelesaian sistem pendukung keputusan untuk penentuan prioritas pelayanan calon pelanggan baru menggunakan parameter-parameter penilaian seperti parameter sumur, jarak tinggi, jarak jauh, usaha tambahan, jarak sumber, antrian, pembayaran serta langganan. Proses hasil perhitungan dari masing-masing parameter dialokasikan pada tabel yang telah ditentukan sesuai dengan penyelesaian masalahnya. Dari total perhitungan setiap pembobotan nilai yang dikalkulasi, maka yang diprioritaskan adalah calon pelanggan yang memiliki nilai total tertinggi. Hasil dari perhitungan akan memberian solusi bagi direktur di PT. DSA – Ambon selaku decision maker untuk mengambil keputusan dalam penentuan prioritas calon pelanggan yang harus dilayani terlebih dahulu.
At information technology era, computer exploiting in many activities is very absolute needed. The information user always try to find a system that can help in decision making so that expected decision maker can make a better decision. Information technology that support in decision making is called decision support system (DSS). DSS can help decision maker makes a directional and effective decision. For that, decision support system that the part of Information System on Computer Base is expected can give a solution for decision maker in the case of determination on new client candidate service priority in PT. DSA - Ambon. Scoring measure model, as one of the information system’s development, is used to support the decision system to solve any decision support system’s problem in PT. DSA – Ambon. The completion of supporting decision system of determination on new client candidate service priority used some scoring parameters, such as well parameter, high distance, long distance, effort addition, apart the source, queue, payment and also subscribe. Each scoring parameter has different scores and scoring measures. The computation results are allocated in various table based on the solutions. The client candidate who have the highest priority to be served, is the client candidate with the highest score. The computation results will serve some solution for director as decision maker to make the decision about determination of priority client candidate which must be served.
Kata Kunci : Sistem informasi berbasis komputer,Sistem pendukung keputusan,Priority, Measure, Score, service, solution, decision maker, Computer Base Information System, DSS