Laporkan Masalah

Strategi untuk memenangkan persaingan :: Studi kasus PT Dian Graha Elektrika

PASARIBU, Albert Tumpal Halomoan, Harsono, Dr., M.Sc

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini mengamati PT.Dian Graha Elektrika yang mampu tetap eksis bahkan meningkatkan kinerjanya ditengah semakin ketatnya persaingan, khususnya dalam bidang usaha jasa engineering & contracting yang digelutinya. Kisah sukses PT.Dian Graha Elektrika ini, tentu dikarenakan adanya strategi bisnis yang tepat dan diterapkan secara konsisten oleh manajemen perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis yang disusun dan diterapkan oleh PT.Dian Graha Elektrika. Berdasarkan hasil pengamatan, PT.Dian Graha Elektrika memiliki 3 tingkatan strategi, yaitu : strategi tingkat korporasi, strategi tingkat unit bisnis dan strategi tingkat operasional. Pada strategi tingkat korporasi, PT.Dian Graha Elektrika melakukan pembangunan corporate image, perpanjangan lisensi yang ada dan mendapatkan lisensi lisensi baru, serta mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas sumberdaya perusahaan. Pada strategi tingkat unit bisnis, PT.Dian Graha Elektrika melakukan : peningkatan kualitas produksi dan operasi, peningkatan intensitas dan ekstensifitas kegiatan pemasaran, menerapkan budaya kerja dan disiplin karyawan, investasi yang produktif, serta pencarian alternatif sumber pembiayaan yang efisien untuk mendukung pelaksanaan proyek. Pada strategi tingkat operasional, PT.Dian Graha Elektrika melakukan antara lain : peningkatan ketepatan delivery time dan kualitas service, peningkatan keandalan sistem dan peralatan, membangun customer loyalty pelanggan, pengembangan product dan service, melakukan segmentasi pasar dan positioning produk, bekerjasama dengan mitra strategis untuk bundling product/services, penerapan otomasi kehadiran karyawan, penerapan rewards and penalties, pemilihan lender untuk pembiayaan, dan lain lain.

The purpose of this study is to observe PT.Dian Graha Elektrika that could maintain its existence, even increase its performance within a tight competition in engineering & contracting industry. This success story of PT.Dian Graha Elektrika, off course, as the result of a comprehensive business strategy that consistently implemented by the Management. This study is also to learn how those strategies set and applied by PT.Dian Graha Elektrika. Based on observation done, known that PT.Dian Graha Elektrika has 3 level of strategy, they are : Corporate level strategy, Business Unit level strategy and Operational level Strategy. At Corporate level, PT.Dian Graha Elektrika’s strategies are : to build a good corporate image, to extend the existing licenses and getting new other licenses, and to optimize the efficiency and effectiveness of its resources. At Business Unit level, PT.Dian Graha Elektrika did : increasing the quality of products and operational processes, increasing the intensity and extensiveness of marketing activities, to set up a good corporate culture and dicipline of employee, spend on productive investment, and seeking of other alternative to finance its projects efficiently. At Operational level strategy, PT.Dian Graha Elektrika emphasizes on : the quality of delivery time and services, system and equipment, to build the customer loyalty, product and service development, market segmentation and product positioning, create a strategic partnership for product/services bundling, applying of automation for employee presence, implementing of rewards and penalties, assortment of lender for efficient financing, and others.

Kata Kunci : Strategi,Engineering dan contracting,Strategi korporat,Strategi unit bisnis,Strategi operasional, strategy, engineering & contracting, Corporate strategy, Business Unit Strategy, Operational Strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.