Laporkan Masalah

Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat suburban memanfaatkan warnet untuk akses internet :: Studi kasus Kelurahan Sidoarum

ARDIANSYAH, Muhammad, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MUP

2008 | Tesis | S2 Magister Teknologi Informasi

Kepopuleran Warnet salah satunya disebabkan oleh masih mahalnya akses internet berlangganan secara individual. Konsep berbagi dalam pembayaran menjadikan akses internet melalui warnet dapat terjangkau secara finansial oleh masyarakat di Indonesia. Menjamurnya warnet tidak serta merta memberikan solusi terhadap tersedianya akses internet yang murah bagi masyarakat. Warnet kemudian menimbulkan permasalahan baru bagi negara, terutama berkaitan dengan cyber crime dan pelanggaran hak cipta. Namun, citra warnet sebagai sarang cyber crime tidak menghentikan keinginan masyarakat untuk mengakses internet melalui fasilitas publik tersebut. Bahkan kemudian perkembangan warnet tidak hanya didominasi di daerah-daerah yang menjadi favorit para pengusaha warnet, seperti daerah pusat perkotaan maupun daerah-daerah yang berdekatan dengan pemukiman mahasiswa atau universitas. Perkembangan warnet saat ini telah mencakup wilayah-wilayah pinggiran perkotaan yang bukan merupakan daerah favorit seperti disebutkan di atas. Para pengguna memiliki beberapa motivasi untuk memanfaatkan warnet untuk mengakses internet. Wahid, Furuholt, dan Kristiansen dalam penelitiannya terhadap pengguna warnet di Indonesia mengidentifikasi bahwa terdapat empat motivasi masyarakat memanfaatkan warnet untuk mengakses internet, yaitu, motivasi Bisnis, Instrumental, Komunikasi dan Rekreasi. Selain motivasi, Wahid, Furuholt dan Kristiansen juga mengelompokkan karakteristik pengguna warnet berdasarkan umur, pendidikan, keterbukaan terhadap media, keahlian personal, kemampuan finansial, fleksibelitas akses internet, dan pengalaman dalam mengakses internet. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan pada tahap mana motivasi masyarakat suburban memanfaatkan warnet untuk mengakses internet. Motivasi yang digunakan adalah motivasi berdasarkan teori yang disampaikan oleh Wahid, Furuholt dan Kristiansen, yaitu, motivasi bisnis, instrumental, komunikasi dan hiburan. Selain peramalan motivasi, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungannya antara karakteristik-karakterisitik pengguna warnet berdasarkan penelitian Wahid, Furuholt dan Kristiansen terhadap jenis situs yang dikunjungi masyarakat di daerah suburban. Responden penelitian pada awalnya berjumlah 183, namun data yang diolah berjumlah 141. Usia responden berkisar diantara 12 tahun sampai 55 tahun, dengan asumsi usia tersebut adalah usia produktif. Lokasi penelitian adalah di kelurahan Sidoarum, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DIY. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linear berganda dan Chi Square. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa Motivasi yang mempengaruhi masyarakat suburban mengakses internet melalui warnet adalah Motivasi Bisnis, Instrumental dan Komunikasi. Sedangkan Motivasi Hiburan tidak mempengaruhi masyarakat suburban mengakse internet melalui warnet. Motivasi yang paling tinggi adalah motivasi Bisnis. Karakteristik masyarakat yang memiliki hubungan dengan jenis situs yang dikunjungi adalah umur, pendidikan dan pengalaman dalam mengakses internet. Sedangkan, keterbukaan terhadap media, keahlian personal, kemampuan finansial, dan fleksibelitas akses internet tidak ada hubungannya dengan jenis situs yang dikunjungi.

Warnet is the most popular public internet access in Indonesia. Popularity of warnet is caused by the expensive price of internet subscribe. Concept of sharing payment has made warnet more achievable for Indonesian financial. Although warnet has growth rapidly but it doesn’t mean overcome the problem of cheap internet access for the public. Later, warnet has cause new problem for the country, especially in cyber crime and copyright violation. However, image of warnet as the nest of cyber crime never influence people to access internet through warnet. Moreover, the development of warnet is not only dominated in favorite area of warnet entrepreneur, such as, down town, university area or student settlement. The development of warnet in the present has cover fringe area which is not favorite area mentioned above. Users have several motivations to use warnet for internet access. Wahid, Furuholt and Kristiansen identified four motivations of people to use warnet for internet access, these are, Business, Instrumental, Communication and Recreational. In addition to motivations, They also mention characteristic of warnet users, there are, age, education, media exposure, personal expertise, financial capability, flexibility of internet access and internet access experience. The purpose of this study to predict the stage of motivation internet user via warnet in suburban area. Stage of motivations is based on theory delivered by Wahid, Furuholt and Kristiansen, these are, Business, Instrumental, Communication and Recreation. Besides of motivation, the purpose of this study is also to find out if there is a relation between people’s characteristic toward kind of website that people most visited. This study at beginning having 184 respondent, yet the amount of processable data 141. respondent ranging from 12 to 55 years old, based on assumption productive age. This study take palce in Kelurahan Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman, DIY. This study is also employs particular analysis tools, these are, Bifilar Linear Regression and Chi Square. In conclusion by these study shows Motivation that influence people in using warnet for internet access are Business, Instrumental and Communication. Whereas, Recreational Motivation is not influence people to use warnet for internet access. The highest motivation is Business. People’s characteristic that have a relation toward kind of website that often visited are, age, education and internet access experience. Whereas, media exposure, personal expertise, financial capability and flexibility of internet acces have not relation toward website that people often visited.

Kata Kunci : Warnet, Suburban, Motivasi mengakses internet, Motivations to Use Warnet for internet access.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.