Pengukuran kualitas komponen multimedia dalam modul pembelajaran berbasis multimedia terhadap efektivitas pembelajaran :: Studi kasus CCNA Exploration
ADRIYANTO, Andreas Rio, Ir. Rudi Hartanto, M.T
2008 | Tesis | S2 Magister Teknologi InformasiDalam dunia pendidikan, metode pembelajaran berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Perkembangan teknologi di bidang multimedia ikut andil dalam kemajuan dalam variasi penyampaian pembelajaran. Sarana pembelajaran berbasiskan multimedia atau disebut sebagai multimedia learning mengkombinasikan komponen teks, gambar, audio, video, animasi dan interaktifitas di dalam penyampaian materi pada modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat komponen-komponen multimedia dalam pembelajaran berbasis multimedia yang berperan efektif dalam pembelajaran. Dalam hal ini dengan mengambil studi kasus CCNA Exploration. Nantinya dapat dijadikan salah satu acuan dalam perancangan perangkat lunak pembelajaran berbasis multimedia dengan menonjolkan bagian-bagian komponen yang paling berpengaruh. Penelitian dilakukan dengan mengambil responden dari siswa institusi pendidikan tinggi yang telah mengikuti program Cisco Networking Academy dengan materi CCNA Exploration - Network Fundamental (Semester 1). Materi Cisco Networking Academy merupakan best practice untuk penerapan multimedia dalam modul pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen utama multimedia yaitu komponen Gambar, Animasi dan Teks berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran. Sedangkan komponen Audio dan Video tidak mempunyai pengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan materi pembelajaran berbasis multimedia Cisco Networking Academy merupakan modul pembelajaran berbasis multimedia yang diakses secara on-line, sehingga komponen Audio dan Video bukan merupakan kompone
In education, learning methods grow similarly with the improvement of information technology. Multimedia technology has some contribution in learning variation. Learning based on multimedia or called as multimedia learning combining with component of text, picture, audio, animation video and interactivity in matter of learning module. The purpose of this research is to analyze which of multimedia components in multimedia learning that have the most effective role in learning. CCNA Exploration is taken as case study. The result of research can be use as one of the reference in developing multimedia learning with emphasize the component for multimedia that most influencing in learning effectiveness. The research is done by taking respondent from higher educational institution that has joined Cisco Networking Academy Program especially in CCNA Exploration – Network Fundamental (Semester 1). Cisco Networking Academy is the best practice implementation of multimedia in their learning module. The result shows that main component of multimedia, which are picture, animation and text have positive influence in learning effectiveness while Audio and Video components have none of it in learning effectiveness. It is related with Cisco module as multimedia learning web-based module that Audio and Video are not some dominant components in Cisco module, because the user’s speed of access must be considered.
Kata Kunci : Pembelajaran multimedia,Learning komponen,Multimedia, learning, multimedia learning, multimedia’s components