Strategi bersaing Asian Agri Group dalam industri perkebunan kelapa sawit
PHILIPS H.S, Henry, Dr. Gudono, MBA
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenIndustri perkebunan kelapa sawit merupakan bidang usaha yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan konsumen yang besar akan produk yang dihasilkan dari industri tersebut. Asian Agri Group sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit memahami tingginya nilai produk bagi konsumen dan ketatnya persaingan antar perusahaan dalam industri. Perubahan lingkungan bisnis dan strategi bersaing antar perusahaan yang relatif sama disinyalir akan mengakibatkan perusahaan mengalami kemunduran baik dari segi keuntungan maupun penurunan pangsa pasar. Program plasma dan program KKPA merupakan strategi yang diterapkan perusahaan untuk tujuan jangka panjang dan diyakini sebagai kompetensi inti perusahaan. Program-program tersebut merupakan praktek bisnis dengan pola kemitraan antara perusahaan dan smallholders. Pelaksanaan bisnis perusahaan juga mengacu pada prinsip etis yang dinyatakan melalui tanggung jawab sosial perusahaan yang akan memberikan perhatian besar pada kepentingan stakeholder. Penelitian ini akan berfokus pada penerapan program plasma dan program KKPA yang merupakan strategi perusahaan jangka panjang. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan pengamatan di Asian Agri Group serta data sekunder dari perusahaan dan sumber eksternal lainnya. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat dilihat bahwa strategi yang dilakukan oleh perusahaan bukan saja menguntungkan untuk jangka pendek tetapi juga merupakan perintis untuk memberikan benefit jangka panjang. Kewenangan pemerintah dalam menetapkan regulasi juga memegang peranan penting dalam menentukan arah perkembangan industri perkebunan kelapa sawit di masa mendatang. Hal ini ditandai dengan ditetapkannya peraturan-peraturan baru khususnya mengenai kewajiban pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.
Oil palm industry is a business that has draw lots of interest from entrepreneur in Indonesia. This is caused by huge consumer need of the product produced from the industry. As one of the oil palm company, Asian Agri Group understands the high value of the product for the consumer and the tight competition among companies within the industry. Change in business environment and similar competitive strategy among companies will resulted a decline in profit and market share of the company. Plasma program and KKPA program are applied strategy from the company for long term goal and being regarded as the company core competence. Those programs develop a partnership between company and smallholders in business practices. The company business practices relate to ethic principle that was exercised through corporate social responsibility for the interest of the stakeholder. This research will focus on the implementation of plasma program and KKPA program that translate into long term company strategy. The research uses primary data from interview and observation in Asian Agri Group and also secondary data from the company and other external sources. Based on SWOT analysis result, the strategy that is being implemented by the company not only giving short term profit, but also stands as a path for long term benefit. The authority of government to set the regulation also has an important role on determining the development of oil palm industry in the future. It is capitalized by setting up new rules specifically about obligation to perform corporate social responsibility in doing business.
Kata Kunci : Smallholder,Tanggung jawab sosial perusahaan,Stakeholder,core competence, smallholder, corporate social responsibility, stakeholder