Slogan perusahaan berbahasa Indonesia :: Tinjauan Sosiopragmatik
WAHYU A.P., Asisda, Prof.Dr. I Dewa Putu Wijana, SU.,MA
2008 | Tesis | S2 LinguistikTesis ini mengambil judul Slogan Perusahaan Berbahasa Indonesia Tinjauan Sosiopragmatik. Tesis ini bertujuan untuk memahami kefektifan sebuah slogan perusahaan (SP) sebagai suatu cara beriklan. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan iklan-iklan konvensional dimana SP menjadi salah satu bagian dari iklan tersebut. Secara aplikatif SP lebih efektif dipergunakan untuk membangun citra perusahaan. Citra perusahaan harus dikembangkan karena akan mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap kredibilitas dari suatu perusahaan. Penilaian terhadap citra perusahaan ini dalam jangka panjang akan berkembang membentuk kepercayaan konsumen kepada suatu perusahaan. Berdasarkan data yang diambil dari brosur iklan, reklame, spanduk atau situs perusahaan banyak ditemui permainan bahasa dalam SP. Permainan bahasa merupakan salah satu sarana untuk menggambarkan citra dari suatu perusahaan secara singkat, menarik, dan efisien. Hasil analisis menunjukkan banyaknya permainan bahasa dan tindak tutur tidak langsung dipergunakan dalam SP. Hal ini disebabkan karena SP jauh lebih menarik apabila diungkapkan dengan pola tindak tutur tidak langsung dari pada dengan tuturan langsung seperti yang biasa ditampilkan dalam iklan-iklan biasa. Dengan tampilan yang singkat dan penggunaan bahasa yang menarik SP cukup memadai untuk menjadi sarana dalam rangka proses penanaman pengaruh kepada konsumen terhadap citra dari suatu perusahaan.
The title of this thesis is The Indonesian Company Slogan Sociopragmatic Approach. This thesis aims to understand the effectiveness of a company slogan. This slogan is different from one which is used in conventional advertisement in which the slogan is merely apart of the advertisement itself. The company slogan is considered more effective if it used to build the company image. The company image must be developed because it would be influenced the social opinion to the company credibility. In the long term it will be developed the consumer confidence to the company. By using data that is taken from advertisement brosure, banner, or company website, it is found that there are so many language plays found in company slogans. Language play is one of the ways to describe image of the company briefly, interestingly, and efficiently. The analysis result show that many language plays and indirect speech acts used in the company slogan. This happenned because company slogan is more interesting if it is expresed through indirecht speech acts than that of by direcht ones which are more common found in conventional advertisement. By brief and interesting language use, the company slogan will be sufficient enough to become an effective medium for influencing the consumer about the image of the company.
Kata Kunci : Sosiopragmatik,Slogan Perusahaan,Permainan Bahasa,company slogan, language play, speech act