Critical Thingking dalam proses Tutorial Problem Based Learning
KHOIRIYAH, Umatul, dr. Gandes Retno R., Med.Ed.,PhD
2008 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan KedokteranCritical thinking bagi profesi dokter mempunyai peran yang sangat penting, karena pekerjaan dokter senantiasa membutuhkan kemampuan berpikir yang baik untuk melakukan analisa data pasien sehingga diagnosa bisa ditegakkan dan manajamen penanganan pasien tersebut tepat. Critical thinking seorang dokter perlu diasah sejak mereka belajar di fakultas kedokteran, sehingga kurikulum dan metode belajar yang ada harus didesain agar mampu menstimulus kemampuan critical thinking mahasiswa. Metode belajar yang saat ini banyak dipakai adalah Problem Based Learning, dengan salah satu kegiatannya adalah diskusi tutorial. Dalam diskusi tutorial yang menggunakan metode seven jump ada elemen-elemen critical thinking yang harus dilakukan agar diskusi bisa mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi komponen-komponen critical thinking yang ada dalam proses diskusi tutorial PBL dengan menggunakan 7 langkah (seven jump). Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, dengan unit analisis adalah kelompok diskusi tutorial. Penelitian dilakukan dengan observasi proses diskusi tutorial (direkam dengan videotape), menganalisis catatan hasil diskusi yang dibuat oleh sekretaris kelompok dan wawancara mendalam dengan peserta diskusi. Sampel diambil dengan menggunakan metode criterion sampling, kelompok yang diambil sebanyak 5 kelompok tutorial sedangkan responden wawancara sebanyak 4 orang. Data penelitian ditranskrip, dikoding, dibuat kategori-kategori, dan kemudian disintesisasi. Ada 10 elemen critical thinking yang teridentifikasi dalam proses tutorial PBL yang menggunakan metode seven-jump. Sepuluh elemen tersebut adalah critical question, interpretation, analyse, evaluation, explanation, inference application, construction, preparation dan self regulation. Masing-masing elemen critical thinking tersebut mempunyai sub ketrampilan yang merupakan hasil kategorisasi tahap 2. Selain hasil tersebut dari penelitian ini ditemukan bahwa setiap langkah seven jump mempunyai elemen crtitical thinking tertentu. Hasil lain dari penelitian ini adalah adanya pola interaksi antara 10 elemen critical thinking tersebut. Keterkaitan antar elemen tersebut membentuk sebuah hirarki dengan critical question berada di level paling bawah dan application berada di level paling atas. Preparation merupakan bahan dasar adanya critical thinking, construction merupakan perekat elemen-elemen critical thinking tersebut sedangkan self regulation merupakan pengatur keberlangsungan elemen-elemen critical thinking tersebut.
Critical thinking for medical doctor has very important roles, because doctor’s works always need a good thinking ability to analyze patient’s data so that diagnosis can be decided and appropriate treatment can be given. Therefore the curriculum and learning methods in medical school must be designed to be able to stimulate medical student’s critical thinking ability. Problem Based Learning is a learning strategy that is used widely in medical school. In PBL, the main activity is tutorial discussion. In a tutorial discussion that is using seven jumps, there are critical thinking elements that must be done in each step in order to achieve the expected goals. However, that element has not been clear yet. Therefore this research is aimed to identify the critical thinking components that exist in Problem-Based Learning tutorial discussion process using seven-jump method. Research was done qualitatively using case study approach. It was conducted in Faculty of medicine, Islamic University of Indonesia, and as analysis unit is tutorial discussion group. The data was collected by observing tutorial discussion using video camera, document analysis, and in depth interview. Samples were taken using criterion sampling method. Five tutorial discussion groups were observed and 4 persons were depthly interviewed. Research data were transcript, coded, categorized and finally synthesized. There are 10 critical thinking elements that have been identified in Problem-Based Learning tutorial process using seven-jump method. The mentioned element are; critical question, interpretation, analysis, evaluation, explanation, inference application, construction, preparation and self regulation. Each critical thinking element has its own sub-skill. Further more, this research shows that every step of seven-jump has its own particular critical thinking elements. Other result of this research is interaction pattern among those 10 critical thinking elements. The correlation among those elements builds a hierarchy with critical question is staying at the lowest level and application at the highest one. The preparation underlies all critical thinking elements. Construction elements unify all other elements as it is found in all steps of seven jumps. Self regulation element has function as regulator of critical thinking elements.
Kata Kunci : Pendidikan Kedokteran,Problem Based Learning,Critical Learning, Critical Thinking, Tutorial, Seven Jump