Kepuasan kerja perawat di RUmah Sakit Jiwa Prof. HB. Sa'anin Padang
APRIZAL, Syamsu, dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH.,DrPH
2008 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Kebij. dan Manaj. PeLatar Belakang: Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaan, tercermin dari moral kerja, kedisiplinan, dan prestasi kerja. Disiplin Kerja perawat Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Sa’anin masih kurang. Hal ini terlihat dari perawat meninggalkan dinas pada saat jam kerja atau pulang sebelum jam kerja berakhir. Adanya permintaan pindah dalam 5 tahun terakhir sebanyak 12 orang dengan berbagai macam alasan. Selain itu ditemukan juga rendahnya produktivitas pelayanan keperawatan serta rendahnya minat dalam pendokumentasian yang berdampak langsung kepada mutu pelayanan. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Sa’anin Padang. Subyek penelitian seluruh tenaga perawat fungsional. Analisa data secara univariat dan bivariat. Hasil: Hasil analisis kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Jiwa HB.Sa’anin Padang menunjukan tingkat kepuasan kerja yang cukup tinggi dengan katagori puas, terutama pada variabel insentif bila dibandingkan dengan variabel lain. Sedangka variabel terendah adalah masa kerja yang perlu mendapat perhatian untuk peningkatan mutu pelayanan dimasa yang akan datang. Kesimpulan: Dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja disarankan kepada rumah sakit untuk melakukan time and motion study atau minimal melakukan pencatatan asuhan keperawatan perawat itu sendiri, untuk menghitung beban kerja sebagai patokan pemberian insentif. Untuk meningkatkan kepuasan kerja pada aspek pengembangan diri dan sumber daya manusia disarankan pada tim angka kredit untuk mensosialisasikan kembali perhitungan angka kredit dan ketepatan waktu dalam pengurusannya, serta melakukan mapping tenaga pelaksana keperawatan berdasarkan pendidikan, masa kerja, dan kompetensi. Selain itu untuk memantau kepuasan kerja perawat dan karyawan dilakukan penilaian secara berkala.
Background: Work satisfaction is an emotional behavior and loving the job, which reflected by work ethic, disciplinary and work performance. Work discipline of the nurses of Prof. HB. Sa’anin Mental Hospital are still low. It can be seen from their low of discipline, They left duties on working hour or went home before their working hour are over. There were 12 nurses submitted transfer request over these 5 years with various excuses. In further, it was also found that the low of nursing service and interest in completing record that could directly impact on service quality. Method: This research is using a cross sectional study design. Research population are all nursing serving at the hospitalized instalation of Prof. HB. Sa’anin Mental Hospital, Padang. The research subject is all of the functional nurses. Data were analyzed with univariat and bivariat analysis. Result: Result on work satisfaction among nurses is , satisfactory. All variables especially on incentive were relatetd to level of work satisfaction. Conclusion: In order to improve work satisfaction, hospital is suggested to conduct time and motion study to improve nursing recording and to consider nurses work load in incentive standard. In order to improve work satisfaction on self improvement and human resources aspects, process of credit calculation and assessment should be improved mapping of nursing staffs in regard to their education, work period and competency should be performed it is also important to evaluate nurses and employees is work satisfaction to regulary.
Kata Kunci : Perawat,Kepuasan Kerja, Work satisfaction, Prof. HB. Sa’anin Mental Hospital