Laporkan Masalah

Analisis kinerja Rumahsakit Sari Asih Ciledug menggunakan instrumen European Foundation for Quality Management Excellence Model

RUSDIYANTOSO, Eko, Agastya, SE.,MBA.,MPM

2007 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manaj. Rumah Sakit)

Latar Belakang : Selama ini penilaian kinerja Rumah Sakit Sari Asih (RSSA) Ciledug hanya berdasarkan informasi dari data kinerja yang dilihat dari nilai BOR, LOS, TOI dan informasi dari laporan keuangan serta survey kepuasan pasien. Belum pernah dilakukan penilaian kinerja secara komprehensif terkait dengan penerapan konsep-konsep mutu di RSSA Ciledug. Untuk itu diperlukan suatu metode penilaian yang menyeluruh yang didalamnya terdapat faktor-faktor yang menunjukkan kualitas pelayanan serta kinerja suatu rumah sakit. Diharapkan dari hasil penelitian ini menjadi masukan bagi RSSA Ciledug untuk terus menerus melakukan perbaikan. Tujuan : untuk mengetahui kinerja yang ada pada Rumah Sakit Sari Asih Ciledug sehingga dapat digunakan sebagai masukan dalam menerapkan kebijakan-kebijakan di masa yang akan datang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perijinan RS, instrumen kinerja RS dan kuesioner standar EFQM. Cara analisis data pada instrumen perijinan RS disesuaikan dengan standar perijinan menurut Depkes yang sudah dimodifikasi oleh Badan Mutu Pelayanan Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (BMPK Yogya), instrumen kinerja RS dengan standar kinerja menurut Depkes dan data pada kuesioner standar EFQM dinilai skornya. Hasil : RSSA Ciledug merupakan RS tipe C dengan total jumlah tempat tidur sebanyak 152 buah. Dari 4 komponen dalam penilaian kelengkapan perijinan, RSSA Ciledug telah melengkapi komponen fungsi sosial, hak pasien dan etika RS sedangkan komponen pelayanan RS, manajemen RS dan fisik bangunan RS masih di bawah 100%. Rerata skor penilaian dimensi- dimensi dalam variabel self- assessment 93,32 dan rerata skor tingkat pemahaman EFQM 75,56. Kekuatan RSSA Ciledug terutama pada dimensi manajemen SDM dan sistem-proses mutu sedangkan skor terendah pada dimensi hasil kinerja utama. Indikator kinerja RSSA Ciledug yang belum sesuai standar Depkes adalah kelengkapan total rekam medis. Dalam perspektif keuangan (indikator cost recovery), RSSA Ciledug telah melebihi standar Depkes. Kesimpulan : Rerata tingkat kepatuhan RSSA Ciledug terhadap persyaratan perizinan belum sesuai standar Depkes yaitu sebesar 94,33%. Rerata skor untuk semua kriteria EFQM Excellence Model di atas 75 % menunjukkan bahwa manajemen RSSA Ciledug telah mengelola serta menjalankan konsep- konsep mutu dengan baik (masuk kategori world class). Kelengkapan total pengisian rekam medis masih belum memenuhi standar sedangkan cost recovery jauh melampaui standar dari Depkes

Background : Up to now, the evaluation of Sari Asih Hospital (SAH) Ciledug only based on BOR, LOS, TOI, financial report and patient survey. There has not been any comprehensive performance assessment that linked with quality concepts at SAH Ciledug. Therefore, we need a comprehensive assessment method that can show the quality of hospital service and hospital performance. Hopefully the result of this research can be used for continuous improvement in SAH Ciledug. Objective : To identify the performance of the SAH Ciledug, therefore it can be used as an input for applying performance improvement policies in the future. Methods : This research is a descriptive case study. The sampling method is stratified random sampling. Instruments that used in this research are hospital licensing standard from Health Department of Republic Indonesia that modified by Health Service Quality Body of Yogyakarta, hospital performance from Health Department Republic of Indonesia and standard questionnaires EFQM excellence model. The fulfilling of regulation in SAH Ciledug was compared with hospital licensing standard and the performance in SAH Ciledug was compared with hospital performance standard. The data from questionnaires EFQM excellence model was analyzed by its scoring. Results : SAH Ciledug is a type C hospital with 152 total beds capacity. From 4 components in hospital licensing standard, SAH Ciledug has fulfilled only one component, the social, patient right and hospital ethics. Although the scores of other three components (hospital services, hospital management and hospital buildings physics) are above 90 % but still under 100 %. The scores for all self- assessment variables dimensions are above 75 %, the highest score is in the quality system and process dimension while the lowest is in the key performance result. The performance indicators of SAH Ciledug that is under the Health Department of Republic Indonesia standard, completeness of medical record. In the financial perspective, SAH Ciledug has achieved Health Department of Republic Indonesia standard. Conclusion : The obidience level of SAH Ciledug with standard regulations from Health Department of Republic Indonesia is 94,33 %. Average EFQM Excellence Model score is above 75 % which is show that SAH Ciledug has managed to apply the quality concepts in correct way. Anyhow there is still a room for improvement for SAH Ciledug management in key performance result criteria. The completeness of medical records is still has to improve while the cost recovery indicator has over Health Department of Republic Indonesia standard

Kata Kunci : Kinerja Rumah Sakit, Evaluasi, EFQM, Hospital regulation, EFQM Excellence Model , hospital performance indicators, Hospital Performance.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.