Analisis Strategi Bisnis PT Krakatau Steel
ATMOKIRONO, Mukti, Harsono Dr.,M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang digunakan oleh PT Krakatau Steel yang merupakan perusahaan baja pertama, terbesar, dan terpadu di Asia Tenggara untuk dapat bersaing dengan perusahaan baja kelas dunia. PT Krakatau Steel menghadapi tantangan berat untuk dapat bersaing dalam industri baja dunia. Hal ini dikarenakan ketergantungan pada bahan baku impor, teknologi dan mesin-mesin produksi yang sudah tua, serbuan baja impor, dan. adanya manuver-manuver yang dilakukan perusahaan-perusahaan kelas dunia untuk memperkuat posisinya dalam persaingan bisnis baja dunia. Perusahaan harus dapat melihat dengan cepat dan tepat gejala-gejala yang ada untuk mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi di masa mendatang. Untuk mendapatkan strategi yang tepat, perusahaan haruslah mengadakan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor eksternal dan internal. Faktor-faktor eksternal dapat diketahui dengan melakukan analisis lingkungan, industri, persaingan, faktor pendorong, dan faktor kunci sukses. Sedangkan faktor-faktor internal dapat diketahui dengan melakukan analisis kinerja fungsional, sumber daya, dan kompetensi inti perusahaan, serta analisis SWOT. Setelah itu perusahaan dapat menetapkan visi, misi, dan strategi yang tepat guna memenangkan persaingan. Perusahan yang tidak siap mengantisipasi persaingan dengan visi, misi, dan strategi yang tepat serta teknologi dan manajemen yang lebih baik, maka kemungkinan besar akan kalah dalam bersaing. Hanya perusahaan yang memiliki strategi yang baik dan keunggulan bersainglah yang akan mampu bertahan dan memenangkan persaingan ini. PT Krakatau Steel dapat menggunakan alternatif strategi bersaing dengan pendekatan best-cost provider. Untuk itu perusahaan harus mempunyai keunggulan biaya dan keunggulan produk dan jasa bagi konsumen, yang dapat dicapai melalui : pembenahan internal perusahaan, pemanfaatan sumber bahan baku lokal, peningkatan skala ekonomis, penggunaan teknologi terbaru dan pengembangan R&D, dan membangun loyalitas konsumen melalui pemasaran yang handal
The purpose of this thesis is analyzing the business strategy of PT Krakatau Steel which is the first, biggest, and integrated steel company in the Southeast of Asia in order to compete with the world class steel company. PT Krakatau Steel faces the big challenges in competing in the world steel industry. This situation due to dependence on imported raw material, obsolete technology and aging machines, inrush of imported steel, and maneuvers of the world class steel companies strengthening their position in the world steel business competition. The company have to has capability to diagnose right and fast the symptoms anticipating everything that might be happened in the future. To obtain the right strategy, the company must conduct the comprehensive analysis of external and internal factors. The external factors can be known by analyze environment, industry, competitive forces, driving forces, and key success factors. Whereas internal factors able to be known by analyze functional performance, resources, and core competence of the company, as well as SWOT analysis. After conduct the comprehensive analysis, company can define the exact vision, mission, and strategy in order to be the winner in the competition. The company which do not have preparation to anticipate the competition by vision, mission, and the right strategy, as well as better technology and management, will be the looser. The company which have good strategy and competitive advantages only can survive and be the winner in the competition. PT Krakatau Steel can employ bestcost provider approach as its competitive strategy alternative. Therefore the company must possess low-cost advantages and products and services advantages for consumer, which can be attained by : arrangement of internal organization, utilization of local raw material, economic of scale increasing, employment of latest technology and R&D development, and consumer loyalty creation through smart marketing.
Kata Kunci : Strategi Bisnis,Industri Baja, Environment analysis, industry analysis, competitive forces, driving forces, key success factor, functional performance analysis, resources analysis, core competence analysis, SWOT analysis, competitive advantages, and world