Laporkan Masalah

Analisis industri mobil di Indonesia

JAMIL, Armia Saubun, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Karya akhir ini mempelajari industri mobil di Indonesia pada kondisi saat ini. Perkembangan industri mobil Indonesia sangat menarik untuk diikuti. Dengan semakin meningkatnya kegiatan pembangunan di Indonesia maka transportasi mempunyai peran yang sangat penting dalam mempercepat pergerakan barang, jasa dan manusia. Usaha mengembangkan industri mobil di Indonesia telah dimulai dengan tujuan untuk dapat menghasilkan sendiri (merancang, membuat dan memasarkan) kebutuhan mobil di dalam negeri. Namun dengan seiring perubahan waktu, maka pemerintah Indonesia membuat beberapa kebijakan baru yang akhirnya membuat persaingan mobil di Indonesia semakin ketat dengan diperbolehkannya impor mobil dalam keadaan utuh. Perkembangan industri mobil berfluktuasi dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh nilai tukar mata uang asing, rendahnya daya beli masyarakat akibat inflasi, tingginya suku bunga kredit dan peraturan pemerintah. Harga produk mobil menjadi mahal akibat sebagian besar komponen dalam perakitan mobil diimpor dari negara prinsipal, dengan menggunakan mata uang asing. Kondisi ini menunjukkan tingkat ketergantungan industri mobil Indonesia pada impor masih tinggi. Dari hasil analisis industri diketahui posisi persaingan dalam industri tergolong kuat, selain itu kekuatan tawar menawar pemasok dan pembeli juga dalam posisi yang kuat. Oleh karena itu perusahaan dalam industri harus dapat memberikan keunggulan bersaing agar tetap dapat mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasarnya. Dari analisis diketahui faktor-faktor kunci sukses dalam industri adalah penguasaan teknologi, penelitian dan pengembangan, jaringan distribusi, integrasi vertikal dan diversifikasi produk. Di masa mendatang prospek industri mobil di Indonesia sangat tinggi dan menguntungkan, karena didukung dengan jumlah penduduk yang besar sebagai target pasar potensial.

This thesis learn about the car industry in Indonesia recently with current condition. The industrial growth are very attractive to be followed. The increasing of development activity in Indonesia progressively hence transportation became an important role in quickening movement of goods, service and human being. Indonesia’s car industry has been started to develop with a purpose to produce (design, manufacturing and selling) and provide domestic car requirement. But government made some new policies and effect to industry competition. The competition becomes tight because completely built up cars enable be import. Car industrial growth has fluctuation from year to year. This caused by exchange rate foreign currency, low purchasing power of society since high inflation, height rate of interest and governmental regulation. Price of car product become costly caused of most components in car assembling imported from principal state by using foreign money. This condition shows level of dependence car industrial with import component still high. The result of industry analysis shows that competition in industry pertained to strength, and also bargaining of suppliers and buyers. Therefore company in the car industry should have to give their competitive advantage for keep exist and develop their market share. The results of this research show that industry key success factors are technological domination, research and development, distribution network, vertical integration and products diversification. Indonesia car industry in the future will very attractive and profitable, because supported with the large of population as potential market.

Kata Kunci : Industri Mobil,Regulasi,Persaingan, regulation, competition, sole agent, competitive advantage


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.