Distribusi kekuatan pasar dan integrasi jalur distribusi :: Studi kasus barang-barang konsumsi di Indonesia
HAMSAR, Promotor Prof.Dr. Sukadji Ranuwihardjo MA
2006 | Disertasi | S3 Ilmu EkonomiDisertasi ini meneliti tentang jalur distribusi, khususnya distribusi barang-barang konsumsi di Indonesia. Objek yang menjadi penelitian adalah produsen, distributor dan ritel. Ketiga agen ekonomi ini memiliki keterikatan transaksi ekonomi secara vertikal. Masing-masing agen ekonomi memiliki sumber-sumber kekuatan pasar (market power) yang berbeda dan pada saat yang sama bertindak untuk memaksimumkan keuntungan sendiri. Permasalahan yang diteliti adalah apakah agen-agen ekonomi tersebut saling ‘menekan’ (mengeksploitasi) satu sama lain berdasarkan sumbersumber kekuatan yang dimilikinya untuk meningkatkan keuntungan sendiri. Salah satu cara menghindari eksploitasi tersebut adalah melakukan integrasi vertikal, dimana disertasi juga akan menguji motif-motif melakukan integrasi. Tujuan disertasi adalah (1) mengidentifikasi kekuatan pasar (market power) produsen, distributor dan ritel, (2) mengetahui pengaruh sumbersumber kekuatan pasar produsen dan distributor terhadap keuntungan produsen, (3) mengetahui pengaruh sumber-sumber kekuatan pasar distributor dan ritel terhadap keuntungan distributor, (4) mengetaui pengaruh aktualisasi kekuatan pasar antara produsen dan distributor terhadap keuntungan produsen, (5) mengetahui pengaruh aktualisasi kekuatan pasar antara distributor dan ritel terhadap keuntungan distributor, (6) mengetahui motif-motif produsen melakukan integrasi vertikal pada jalur distribusi dan (7) mengetahui dampak integrasi vertikal pada produsen dan konsumen. Disertasi ini menggunakan persamaan tunggal dengan memisahkan analisis hubungan produsen–distributor dan hubungan distributor–ritel. Pemisahan tersebut dilakukan sesuai dengan kenyataan bahwa hubungan langsung transaksi ekonomi hanya terjadi antara produsen–distributor dan distributor–ritel. Aktualisasi kekuatan pasar (exercise of market power) akan terjadi pada dua agen ekonomi yang saling tergantung secara langsung (interdependent). Hubungan antar dua agen ekonomi dilihat dari dua sisi yaitu, sumber-sumber kekuatan dan aktualisasi kekuatan. Data yang dipakai adalah gabungan antara data primer dan sekunder. Jumlah sampel sebanyak 46 perusahaan produsen, 46 distributor dan 46 ritel. Barang-barang yang menjadi objek penelitian adalah barang-barang konsumsi yang diproduksi dan dipasarkan di dalam negeri. Hasil-hasil yang diperoleh antara lain: (1) margin keuntungan paling besar dinikmati oleh produsen dan diikuti oleh ritel dan distributor. Keuntungan tersebut dilihat dari nisbah penerimaan terhadap ongkos pada masing-masing agen ekonomi. Dari 46 sampel, keuntungan produsen secara rata-rata sebesar 36,3 persen, keuntungan distributor 9,3 persen dan keuntungan ritel 11,4 persen. (2) distributor tidak memiliki kekuatan penyeimbang (countervailing power) terhadap produsen dari sisi sumber sumber kekuatan. (3) pada level dibawahnya, ritel juga tidak memiliki kekuatan penyeimbang terhadap distributor. (4) dari sisi aktualisisi kekuatan (exercise of power) tidak terdapat tindakan saling eksploitasi antara produsen dan distributor. (5) dalam hubungan distributor–ritel, juga tidak ditemukan adanya aktualisasi kekuatan yang saling merugikan. (6) motif-motif melakukan integrasi vertikal yang signifikan adalah kapital khusus, jangkauan pemasaran dan produk yang bersifat search goods. Kapital khusus yang signifikan terhadap motif integrasi untuk menghindari struktur yang mengarah pada monopoli bilateral, jangkauan pasar untuk menghindari terlalu tingginya harga produk di tingkat konsumen, dan search goods untuk memberikan pelayanan purna jual. (7) Manfaat integrasi terlihat dari keuntungan total yang lebih tinggi pada perusahaan-perusahaan yang terintegrasi daripada yang tidak terintegrasi. Market share bukan merupakan motif integrasi. Peningkatan harga akan terjadi jika market share meningkat pasca integrasi. Oleh karena itu, integrasi tidak akan menaikkan harga produk dan juga tidak meningkatkan produksi barang. Tidak ditemukannya saling eksploitasi disebabkan karena: (a) sebagian besar sampel (28 perusahaan) melakukan integrasi pada jalur distribusi. Perusahaan yang terintegrasi secara vertikal akan menghindari tindakan yang saling merugikan. (b) Masih kentalnya hubungan kekeluargaan dan kekerabatan antar sesama agen ekonomi yang diteliti. (c) persaingan yang semakin ketat dapat mengurangi tindakan eksploitatif antar agen ekonomi. Disertasi ini menyarankan bahwa pemberlakuan UU Persaingan Usaha di Indonesia lebih hati-hati. Temuan disertasi ini menunjukkan bahwa sumber-sumber kekuatan (potential power) tidak dimanfaatkan untuk menekan atau mengeksploitasi pihak lain. Perlu penelitian mendalam kasus per kasus, apakah sumber-sumber kakuatan yang dimiliki oleh pelaku usaha sudah diaktualisasikan (exercise of power) yang dapat merusak iklim usaha atau merugikan konsumen.
In general, this dissertation investigates a distribution channel, especially consumer goods channel, in Indonesia. The object investigation focuses on producer, distributor and retailer. These three economic agents have economic transaction commitment vertically. Each agent has a different market power and at the same time acts to maximize its own profits. The problem examined is that strong economic agents can exploit weak agents based on their sources of market power to increase their own profits. One way to avoid the exploitation is using vertical integration. This dissertation also examines the motives in the vertical integration of distribution channels. Specifically, the objectives of this dissertation are to identify: (1) the market power of producers, distributors and retailers; (2) the effect of producers and distributors of market power sources with respect to the producers’ profit; (3) the effect of distributors and retailers market power sources to the distributors’ profit; (4) the effect of exercise of power between producers and distributors to the producers’ profit; (5) the effect of exercise of power between distributors and retailers to the distributors’ profit; (6) the motives of producer to integrate distribution channels vertically; and (7) the impacts of vertical integration on producers and consumers. This dissertation applies a single equation model by separating the analysis into the relationship between producers and distributors as well as between distributors and retailers. The separation is done for confirming a reality that direct relationship of economic transaction is only occurred between producers and distributors as well as between distributors and retailers. Exercise of power will occur on two economic agents in which interdependent each other. The two economic agents relationship are examined based on two sides, that is market power sources and exercise of power. Data used in this research are the composite of primery and secondary data. The secondary data is used to account the producers price-cost margin. Other data is a primery data. Samples consist of 46 producers, 46 distributors, and 46 retailers companies. The goods examined are the produced and marketed goods domestically. The findings of this dissertation are: (1) higher profit margins are benefited by producers, retailers and distributors respectively. Profits are measured from the ratio of revenue to costs from each economic agent. From 46 samples, the average of producer, distributors, and retailer profits are 36.3 percent, 9.3 percent and 11.4 percent respectively; (2) from the power sources perspectives, distributors do not have countervailing power toward producers; (3) on the lower level, retailers do not have countervailing power to distributors; (4) in relation with exercising of power, the producer pricing policy (resale price maintenance) exploit the distributors; (5) with respect to distributors-retailers relationship, there is no result confirming the existence of exercise of powers inflicted each other; (6) the motives to do vertical integration statistically significant are specific capital, extensive of marketing, search goods product, producer domination, distributor domination and exclusive distribution. Significant market scope to do integration is to avoid the intermediary agents to claim a relative highly profits that increase product price for consumers. Search goods were significantly doing integration, because this product needed after sales services that can be done by experts. Significant producer domination, distributor domination and exclusive distribution are to avoid the other agent exploitation; and (7) the benefit of integration can be measured from higher total profits of the integrated firms than of the non-integrated firms. Market share is not a motive of integration. The increasing of prices will be occurred if the market share goes up after integration. Therefore, integration does not increase the price and quantity of product. The absence of exploitation in economic agent relationship is caused by (a) most of the sample (28 companies) are doing integration on distribution channels. Integrated companies will avoid destructive action each other; (b) there was a tight family and relative relationship on economic agent exemined; (c) tighter competi tion in market can reduce exploitative action of the strong economic agents to weak economic agents. This dissertation suggests that Competition Policy should be implemented carefully, in order to avoid power abuse by dominant player. It is necessary to investigate wether or not business power tends to deteroriate business climate and burdening the consumer.
Kata Kunci : Kekuatan Pasar dan Integrasi Vertikal, Keuntungan Produsen, Kekuatan Pasar, economic agents, market power, exercise of power, and vertical integration.