Laporkan Masalah

Strategi bisnis PT Hero Supermarket Tbk. meningkatkan kinerja perusahaan menghadapi Persaingan ritel Indonesia

MALIK, Emil, Harsono, Dr.,M.Sc

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Kondisi stabilitas politik dan iklim pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berangsur-angsur pulih pasca masa krisis tahun 1997-1998 serta adanya perubahan pada perilaku konsumen masyarakat Indonesia membuat industri bisnis ritel dapat bertahan dan berkembang dari waktu ke waktu. PT. Hero Supermarket Tbk. sebagai salah satu perusahaan go public yang sudah bergerak di bidang bisnis ritel supermarket di Indonesia hampir selama lebih dari tiga dekade akan menghadapi kondisi persaingan bisnis yang meningkat sejalan dengan masuknya pemain-pemain baru dan jenis-jenis bisnis ritel lain yang membuatnya harus dapat mengantisipasi dan menyiapkan strategi-strategi bisnis baru agar tetap dapat bertahan serta berkembang di masa depan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisa lingkungan bisnis eksternal dan internal, mengevaluasi strategi bisnis yang telah diterapkan, dan merumuskan strategi bisnis ke depan yang dapat dilakukan oleh PT. Hero Supermarket Tbk. Lingkungan bisnis eksternal dianalisa dengan metode analisa lingkungan bisnis umum (politik dan hukum, ekonomi, sosial dan demografi, serta teknologi), competitive forces Porter, perilaku konsumen, driving forces, strategic group map dan key success factors. Analisa bisnis internal dilakukan dengan menggunakan metode SWOT dan analisa kinerja keuangan, yang kemudian digabungkan untuk menyusun alternatif formulasi strategi bisnis masa depan perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa untuk tetap dapat bertahan, berkembang dan memenangkan persaingan, PT. Hero Supermarket Tbk. dapat menerapkan strategi komposisi berimbang antara jumlah gerai supermarket dan hypermarket, menurunkan biaya operasional gerai, peningkatan kualitas dan keunikan layanan, ragam produk, kelengkapan dan ketersediaan barang, harga yang bersaing serta program promosi yang berkesinambungan

Indonesia political stability and economic growth climate which becoming recover after crisis period on 1997-1998 and changes in consumer behaviour made retail business industry survive and develop time to time. PT. Hero Supermarket Tbk. as one of Indonesian go public company which already involve in retail business industry for more than three decades faces increasing in retail business competition related with new competitors and new type of retail business cause have to immediately anticipate and prepare new business strategic to become survive and develop for the future. The research has the purpose to analyze external and internal business environment, evaluate business strategic that already implemented, and find the future alternatif strategic formulation that could be implemented by PT. Hero Supermarket Tbk. External business environment will be analyzed by common business enviroment (political and law, economic, social and demographic, technology), Porter’s competitive forces, consumer behaviour, driving forces, strategic group map, and key success factors. Internal business environment will be analyzed by SWOT method and financial report, which altogether will be combined to formulate business strategic for the future. The research show that to survive, develop and win the competition, PT. Hero Supermarket Tbk. should implement strategic balance composition between supermarket and hypermarket outlet, reduce outlet operational cost, improve quality and unique services, kind of products, complete and availability products, competitive price, and continuosly promotion programs.

Kata Kunci : Strategi Bisnis,PT Hero Supermarket,Kinerja Perusahaan,PT Hero Supermarket,Perilaku Konsumen,Bisnis Ritel, consumer behaviour, retail business, business strategic


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.