Laporkan Masalah

Strategi bersaing PT Makro Indonesia dalam industri Retail di Indonesia

SADIKIN, Rahmat Harinanto, Ainun Na'im, Dr.,MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Dengan adanya perubahan lingkungan dan bisnis yang begitu cepat akhirakhir ini dengan ditambah semakin ketatnya persaingan bisnis yang ada, maka setiap perusahaan dituntut untuk semakin kuat dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya dengan mengimplementasikan berbagai macam strategi yang diperlukan.PT. Makro Indonesia dalam industri retail merupakan pelaku pasar dalam beberapa tahun terakhir mendapat ancaman yang serius dari para pesaing yang ada. Tujuan dari thesis ini adalah untuk menganalisa strategi bisnis PT. Makro Indonesia dalam memperbaiki posisi dalam persaingan dan terus meningkatkan pertumbuhan dan tingkat keuntungan dimasa mendatang, dengan mempertimbangkan dinamika pasar yang berubah demikian cepat, peraturan pemerintah, pesaing yang ada, masuknya pesaing baru, perkembangan teknologi dan faktor-faktor lain seperti politik, budaya dan sosial kemasyarakatan.. Dalam thesis ini, analisis dan pembahasan dibuat dengan menggunakan beberapa metode analisis seperti Five Forces Analisis dari Porter dan SWOT analisis untuk mengetahui posisi perusahaan dalam industri retail dengan menganalisa dan mempertimbangkan keadaan lingkungan, baik itu lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan. Dari hasil analisis dapat terlihat bahwa dengan menerapkan berbagai macam strategi bisnis yang ada saat ini, posisi PT. Makro Indonesia sebagai pelaku industri memerlukan strategi yang lebih baik, agar dimasa depan dapat meningkatkan market share dan juga tingkat keuntungan dengan melakukan perbaikan secara internal untuk menjadi tambahan kekuatan

Due to Fast change in business and its environment recently with very tight competition, every company is demanded to be more stronger in order to maintain its sustainable business by implementing required strategies. PT. Makro Indonesia which is the operator in retail industry within last few years is also seriously threatened by its existing competitors. The objective of this thesis is to analyze business strategy of PT. Makro Indonesia in repositioning into the competition and continuously improve its growth and profitability by considering market change, government regulation, existing competitors, entrance of new competitors, development of technology, and other factors such as politic, culture and social. The analysis and study of this thesis is made by using several method of analysis such as Five Forces Analysis and SWOT Analysis to see position of the company within retail industry by analyzing and considering its environment, either internal environment or external environment. The result of analysis shows that by implementing the present various business strategy, the position of PT. Makro Indonesia as an operator in this industry needs a better strategy, so that in the future can increase the market share and also their profit level by correcting internal problems for an additional strength.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, PT Makro ndonesia, Tingkat Pertumbuhan dan Keuntungan, Five Forces Analysis, Strategi Bersaing, PT Makro Indonesia


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.