Laporkan Masalah

Evaluasi strategi bersaing PT Sugi Samapersada Tbk

TOBA, Muchlis, Bambang Riyanto LS., Dr.,MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

PT. Sugi Samapersada merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk komponen otomotif dan penjualan truk dengan jumlah penjualan Rp 67 milyar. Perusahaan mendistribusikan suku cadang kendaraan bermotor dengan menggunakan merek-merek yang terdaftar seperti OEM (Original Equipment Manufacturer) dan produk pengganti (Replacement) untuk melayani pasar domestic dan luar negeri. Untuk mengevaluasi strategi bersaing, analisis yang dilakukan adalah analisis eksternal dan internal. Analisis eksternal yaitu karakteristik industri, kekuatan bersaing, kekuatan penentu, faktor kunci sukses, dan peta group stategi. Analisis internal dilakukan dengan visi dan misi, kapabilitas fungsional, rantai nilai, dan relative positions. Sejalan dengan perbaikan perekonomian nasional dan daya beli masyarakat, maka penjualan industri mobil dan sepeda motor telah meningkat, setelah krisis ekonomi 1997. Industri komponen merupakan industri yang memiliki daya tarik yang cukup dengan kekuatan penentu adalah peningkatan globalisasi industri, perubahan teknologi, perubahan biaya dan effisiensi, dan kebijakan pemerintah. Strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan adalah bisnis perusahaan tetap fokus dalam bidang distribusi komponen kendaraan bermotor dengan melihat pertumbuhannya yang signifikan, dan tidak mengabaikan unit usaha oil dan gas yang prospeknya kedepan cerah. Strategi perusahaan yang berjalan selama ini tetap dilanjutkan , menjalin kerjasama dengan beberapa pemasok baru, lebih aktif memperluas jaringan distribusi dan mencobapasar International terutama di Negaranegara ASEAN. Untuk itu perusahaan secara terus menerus harus melakukan evaluasi strategi yang dimilikinya, sejalan dengan perubahan lingkungan eksternal industri komponen.

PT Sugi Samapersada Tbk is company engaged manufacturing and selling of otomotif component with the total sales amount Rp 67 million. The company distribution various component with register brand (OEM) and replacement market (REM), selling and domestic and international market. In formulation startegy the author performat analysis of the external and internal factor. The analysis of external is industry charateristic, five forces, driving forces, key success factor, and group strategic maps. The internal analysis is vision and missiion, functional capability, value chain, and relative positions. Doe to improvement of the national economy and increasing buying buyer of customer, the sales of otomobile and motorcycle has a sharp increase, in since economic crisis 1997. The otomotif industry in ASEAN has significan growth and China has huge market. The component industry has medium attractiveness with its driving forces are industri globalisation, technology changes, changes of cost and effisiensi, and goverment regulation. Strategies carried out that the company is still in the component business, and concentrated on the otomotif component refer to the significant growt, and oil nad gas industry which the have good prospect in the future. To be continue the strategic company, performad startegic aliances with new supplier, actively expand distribution and expand the international market particularly in ASEAN. To realize the startegy formulation, the company must evaluated the on-going strategy, since the changes of the business environment.

Kata Kunci : Strategi Bersaing,PT Sugi Samapersada Tbk,Peta Grup Strategi,Key Success Factor, caractristic industry, five forces, driving force, key succes factor, strategic group maps, functional capability, value chain, and relative positions


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.