Formulasi strategi bersaing PT Indorama Synthetics Tbk
HUTASOIT, Nalan, Bambang Riyanto LS., Dr.,MBA
2006 | Tesis | Magister ManajemenPT Indorama Synthetics Tbk (INDR) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri tekstil dan produk tekstil. Produk-produk yang dihasilkan perusahaan adalah serat dan benang polyester, benang tenun, kain dan resin pet. Dari keempat produk tersebut, produk utama dari PT Indorama Synthetics Tbk adalah serat dan benang polyester. Industri tekstil dan produk tekstil nasional adalah kegiatan produksi, pendistribusian, pemasaran serta ekspor dan impor tekstil. Strategi perusahaan yang dijalankan selama ini adalah inovasi di segala bidang dan melakukan produksi dengan biaya rendah sambil terus menerus menciptakan produk dan aplikasi produk baru. Untuk memformulasikan strategi bersaing, perlu dilakukan analisis seperti analisis eksternal yang terdiri dari analisis karakteristik industri, kekuatan bersaing, kekuatan penentu, faktor kunci sukses, dan peta grup stategi. Analisis internal terdiri dari analisis kapabilitas fungsional, rantai nilai, dan posisi relatif. Perusahaan tetap perlu secara kontinyu mengevaluasi strategi yang selama ini sudah di jalankan guna mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Agar perusahaan bisa mendapatkan penjualannya serta tetap dapat bertahan di dalam industri tekstil dan produk tekstil dalam persaingan yang sangat ketat karena jumlah perusahaan dalam industri tekstil ini sangat banyak, maka beberapa alternatif strategi dapat mulai di jalankan seperti lebih mengembangkan penjualan domestik dengan tetap melanjutkan dan meningkatkan penjualan ekspornya dan mengembangkan teknologi informasi dengan menggunakan ecommerce.
PT Indorama Synthetics Tbk (INDR) is a company of product textile producer in Indonesia. The products from company are polyester yarns & fiber, spun yarns, fabrics and pet resin. The main product of the company is polyester yarns and fiber. Textile national industry is an activity of production, distribution, marketing, also import, and export textile products. Company strategy that is running during the time is innovation everywhere and low cost production with continues to create new product and new product application. To formulated the compete strategy, it require some analysis like analysis of external environment which consist of industrial characteristic analysis, five forces, driving forces, key success factor, and strategic group maps. Internal analysis consists of analysis of functional capabilities, value chain, and relative position. Constantly company has to require an evaluation of strategy, which was running during the time to utilize, to maintain and to develop its business. So that company can get bigger market compartment and remain survive in national textile industry which in tight competition because so many company in this industry, hence some strategy alternative can be start running, like develop domestics sales with continue to increase export sales and also establish information technology by using e-commerce.
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Key Success Factor, Peta Grup Strategi, industrial characteristic, five forces, driving forces, key success factors, strategic group maps, functional capabilities, value chain, relative position.