Laporkan Masalah

Analisis Demand Condition dan Marketing Mix di PT Vira Interco

BUENAVENTURA, Edward, Bayu Sutikno, SE.,MSM

2006 | Tesis | Magister Manajemen

PT. Vira Interco merupakan suatu bentuk perusahaan yang bergerak dalam Chemical for Water Treatment, yang berorientasi pada pesanan dan melayani konsumen bisnis. Saat ini pesaing dekat PT. Vira Interco ada lima perusahaan, yaitu PT. Duta Chemical dengan mengeluarkan merek Duchem, PT. Fuji Lestari dengan merek Pay Off, PT. Miura dengan merek Miura, PT. Southern Chemical dengan merek Southern, dan PT. Antar Niaga. Analisis yang dilakukan di dalam penelitian ini yaitu dengan analisis data kualitatif. Pada dasarnya penelitian ini dimaksudkan untuk mencari penjelasan dan bukan untuk menguji penjelasan Penelitan ini berupaya untuk menganalisis penerapan demand condition dan marketing mix di PT. Vira Interco. Hasil analisis demand condition di PT. Vira Interco yaitu : untuk membangun merek perusahaan mengandalkan karyawan pemasaran dan dibantu karyawan produksi, market size perusahaan dari tahun-ketahun mengalami kenaikan, rata-rata pertumbuhan pasar perusahaan mengalami kenaikan dari tahun ke-tahun sebesar 24%, perusahaan melayani pasar organisasi dengan pelanggan tetap 86 perusahaan dan 53 perusahaan dalam tahap follow-up, product life cycle yang dihasilkan perusahaan masih dalam tahap pertumbuhan, tidak adanya produk subtitusi membuat pelanggan akan sulit untuk beralih menggunakan produk lain. Hasil pembahasan menggunakan bauran pemasaran : (1) Produk: penyempurnaan produk, pengembangan produk berdasarkan geografis pelanggan, menggali informasi produk apa yang dibutuhkan pelanggan, penekanan perbedaan produk dengan pesaing dan keunggulan produk dari pesain.. (2) Harga: Perusahaan menggunakan harga murah dengan kualitas yang baik, perusahaan dapat menerapkan matrik nine price-quality, untuk matrik ini perusahaan dapat menggunakan matrik no.3. (3) Promosi: membuat database konsumen, melakukan publisitas melalui kegiatan sosial, menggunakan brosur, menggunakan media internet. (4) Distribusi: menggunakan distribusi langsung, menggunakan saluran distribusi pembukaan kantor cabang apabila memperluas pasar.

PT. Vira Intraco is a company who work in chemical for water treatment that order oriented and serving the business consumers. Present day, there are five companies who highly compete with PT. Vira Intraco. The five companies are PT. Duchem which use Duchem brand; PT. Fuji Lestari which use Pay Off brand; PT. Miura which use Miura brand; PT. Southern Chemical which use Southern brand; and PT. Antar Niaga. This research employed a qualitative data analysis. Basically, the objective of this research was to find out an explanation, not a hypothesis testing. This research tries to analyze an application of demand condition and marketing mix in PT. Vira Intraco. Based on demand condition analysis in PT. Vira Intraco, researcher found that: to build a company’ brand, the company has to emphasize its marketing department which supported by production department; market size of PT. Vira Intraco are increasing year by year; growth rate of PT. Vira Intraco are increase 24% each year; present day, PT. Vira Intraco taking care organizational market with 86 fix consumers and 53 consumers which on follow-up stage; PT. Vira Intraco‘ product life cycle were in growth stage; since there were no substitute product, then the consumers will be hard to switch to another product. The researcher found that based on marketing mix, PT. Vira Intraco employed: (1) Product: product completion; product development based on consumer’ geographic; data mining about the consumer’ need; emphasize on product differentiation and produce the superior product than competitors. (2) Price: PT. Vira Intraco use low price in high quality; company applying nine price-quality matrix, and PT. Vira Intraco use matrix no.3. (3) Promotion: PT. Vira Intraco employed a consumer’s data base; publicity through social activity; PT. Vira Intraco also employed brochures and internet. (4) Distribution: PT. Vira Intraco use direct channel distribution; and open an office branch to broaden their market.

Kata Kunci : Marketing Mix Strategies,Strategi Pemasaran,Determinant of Brand Choices,Switching Cost, Marketing strategy, Determinant of brand choices, size of market, growth rate, segmentation, product life cycle, switching costs, marketing mix strategies


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.